Notification

×

Iklan

Hujan Lebat di Pasbar, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Sabtu, 18 Desember 2021 | 15:55 WIB Last Updated 2021-12-18T08:55:53Z

Petugas membantu warga mengangkat peralatan rumah warga.


Pasbar, Rakyatterkini.com - Akibat curah hujan yang tinggi, mengakibat dua sungai di Kecamatan Ranah Batahan, Pasaman Barat (Pasbar), yakni Sungai Batang Batahan, dan Batang Taming meluap menyebabkan rumah warga terendam.


Dampaknya sekitar 255 rumah terendam banjir di sekitar aliran sungai tersebut.


Dari data Dinas Kominfo Pasaman Barat, Sabtu (18/12/2021) kedua sungai itu meluap pada Sabtu dini hari sekitar pukul 02.00 WIB dini hari. Hujan yang berawal hari Jumat (17/12/2021) pagi sampai Sabtu.


Rumah yang terendam sebanyak 255 unit tersebut tersebar di tiga kejorongan di Kecamatan Ranah Batahan, yakni Jorong Taming Batahan, Jorong Air Napal dan Jorong Kampung Baru. Selain merendam rumah warga, air juga merendam sekitar 55 hektare lahan pertanian.


Adapun wilayah jorong yang terdampak banjir tersebut, adalah  Jorong Air Napal sebanyak 3 unit rumah rusak parah (hancur), 93 rumah terendam, 1 buah polongan runtuh dan 30 hektare lahan pertanian warga terendam banjir.


Kemudian di Jorong Taming Batahan, air merendam sebanyak 150 unit rumah dan 25 hektare lahan sawah. Selanjutnya di Jorong Kampung Baru banjir juga membuat rusak ringan 2 unit rumah dan merendam 12 unit rumah.


Sehubungan dengan hal itu, juga pekarangan rumah warga mengalami kerusakan akibat tanah longsor yang diakibatkan banjir karena meluapnya Sungai Batang Batahan di Jorong Air Napal.


Walinagari Persiapan Batahan Barat, Esman melalui surat  yang ditujukan kepada Bupati Pasaman Barat yang tertulis dengan berharap untuk menjadi perhatian serius.


Ia juga menuliskan jika tidak ada solusi dari pihak kabupaten, aliran Sungai Batang Batahan dan Sungai Batang Taming akan terus-terusan meluap, sehingga menyebabkan bencana alam yang lebih fatal lagi. (junir sikumbang)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update