Notification

×

Iklan

Gubernur Dorong Warga Manfaatkan Pangan Lokal yang Sehat

Senin, 20 Desember 2021 | 20:44 WIB Last Updated 2021-12-20T13:44:16Z

Gubernur Sumbar, Mahyeldi.


Padang, Rakyatterkini.com - Makanan yang sehat menjadi salah satu faktor untuk menjaga kesehatan, karena itu masyarakat didorong untuk memanfaatkan pangan lokal yang sehat dan ada di lingkungan sekitar.


"Makanan sehat itu tidak mahal dan tersedia di sekitar kita sehingga tidak sulit untuk didapatkan. Hanya saja, tampilannya kadang memang kurang menarik. Ini yang harus dicarikan solusi," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat membuka acara talkshow diversifikasi pangan lokal dengan tema mewujudkan keluarga sehat dengan konsumsi pangan lokal, Senin 20 Desember 2021.


Ia mengatakan modivikasi pangan lokal, sehingga tampilannya menarik akan bisa menjadi solusi sehingga konsumsi naik dan mengurangi konsumsi beras.


Diversifikasi pangan juga penting untuk dilakukan. Selain menggunakan pangan lokal, tahapan menghidangkan makanan juga bisa menjadi solusi.


"Kalau biasanya makan besar dihidangkan di awal, dan pangan lokal serta buah-buahan terakhir, maka bisa dibalik. Pangan lokal dan buah disajikan di awal, dan makan besar terakhir. Ini juga bisa mengurangi konsumsi nasi," ujar Mahyeldi.


Kepala Dinas Pangan Sumbar, Efendi mengatakan saat ini konsumsi beras daerah itu lebih tinggi dari nasional. Konsumsi besar Sumbar 97 kg perkapita pertahun, sementara konsumsi rata-rata nasional 93 kg perkapita pertahun.


Konsumsi beras dan karbohidrat berlebih menurutnya membahayakan kesehatan. Banyak penyakit yang berawal dari konsumsi beras karena itu penting untuk mulai menggalakkan konsumsi pangan lokal. (adpim)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update