Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Gali Potensi Desa, Imam Suroyo Berencana Bangun Pabrik Sawit Mini di Sungai Buluh

Jumat, 31 Desember 2021 | 10:08 WIB Last Updated 2021-12-31T03:30:14Z

Kades Sungai Buluh, Imam Suroyo.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuansing, sangat berpotensi di bidang perkebunan kelapa sawit. 


Di desa ini banyak ditemui petani kelapa sawit yang sukses mengelola perkebunan mereka.


Melihat keberhasilan masyarakat dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit, Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Buluh berkeinginan mendirikan pabrik kelapa sawit mini untuk peningkatan perekonomian masyarakat melalui badan usaha milik desa (BUMDes).


Usaha pabrik pengolahan kelapa sawit mini sangat potensi untuk dikembangkan di Sungai Buluh, melihat banyaknya petani yang bergantung kepada pabrik kelapa sawit besar untuk mengolah hasil kebun meskipun jauh dari perkebunan mereka.


Selain itu, jika pabrik sawit mini didirikan memungkinkan menambah pendapatan petani, karena tidak saja meminimalisir biaya transportasi, tetapi juga memberikan pilihan harga jual buah sawit bagi petani. 


Kades Sungai Buluh, Imam Suroyo, saat bincang-bincang dengan Rakyatterkini.com, menyebut, konsep pabrik skala kecil itu dapat memperbesar peran BUMDes dalam industri sawit. Dengan pabrik mini, BUMDes tidak lagi sebagai objek tetapi dapat berubah peran menjadi subjek.


"Pabrik sawit mini cukup potensi di Sungai Buluh. Dari usaha perdagangan buah sawit yang dikelola BUMDes saja saat ini rata-rata tiap bulan ada sekitar 3 ribu ton. Artinya, untuk pasokan bahan baku pabrik mini mencukupi," ujarnya, Kamis 30 Desember 2021.


Imam Suroyo mengatakan, memang mendirikan pabrik sawit tidak semudah membalikkan telapak tangan karena banyak kendala yang akan dihadapi terutama terkait pendanaan. Namun ia meyakini kendala itu dapat diatasi asal didukung semua pihak. 


"Jadi pendirian pabrik mini memang menjadi keinginan besar saya. Mengenai kendala modal saya rasa bisa diatasi kalau semua pihak mendukung. Karena bisa melalui pinjaman bank atau kerjasama dengan investor, artinya banyak jalan untuk itu. Mudah-mudahan diperiode saya pabrik bisa berdiri," ungkapnya.


Desa Sungai Buluh adalah salah satu desa kategori Mandiri di Kuansing. Di desa ini berdiri BUMDes cukup maju dengan berbagai macam usaha yang dijalankan, salah satu usahanya adalah jual beli buah sawit. Tahun lalu, BUMDes bernama Amanah Sejahtera ini berhasil membukukan laba sekitar Rp870 juta. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update