Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Eksistensi dan Keterwakilan Perempuan dalam Politik

Sabtu, 04 Desember 2021 | 17:29 WIB Last Updated 2021-12-04T10:29:29Z

Pendidikan politik.

Solok, Rakyatterkini.com - Realitas politik di Indonesia persoalan eksistensi dan keterwakilan perempuan di dalam proses pembuatan kebijakan adalah hal yang penting. 


Itu disampaikan Wali Kota Solok Zul Elfian Umar pada pembukaan kegiatan pendidikan politik bagi tokoh perempuan, Sabtu 4 Desember 2021 di Hotel Taufina Simpang Rumbio Kota Solok.


Zul Elfian mengungkapkan Indonesia termasuk negara demokrasi mengutamakan terwujudkannya kekuasaan di tangan rakyat. Persoalan struktural ketika bicara kekuasaan rakyat adalah fakta bahwa tetap ada relasi kuasa yang tidak setara diantara unsur-unsur sosial yang ada. 


Salah satu ketidaksetaraan kuasa yang serius dan fundamental dalam kebanyakan masyarakat melibatkan posisi dan relasi kuasa terhadap kaum perempuan.


Pendidikan politik bagi perempuan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran akan hak-hak politik dan kewajiban sebagai warga negara untuk menggunakan hak pilihnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Pemerintah Kota Solok menganggap penting forum-forum dialog politik seperti ini guna menambah wawasan, pengetahuan dan memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya bagi perempuan dalam menggunakan hak politiknya dan berpolitik secara santun, cerdas sesuai dengan budaya kearifan lokal.


"Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong pembangunan politik bagi kaum perempuan dan menunjang stabilitas politik melalui pendidikan etika dan budaya politik." (hardean)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update