Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bupati Hadiri Bimtek Tata Kelola BUMDes di Kecamatan Singingi

Sabtu, 11 Desember 2021 | 21:59 WIB Last Updated 2021-12-11T15:50:00Z

Bimtek tata kelola BUMDes di Kecamatan Singingi.

Kuansing, Rakyatterkini.com  -  Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuansing, Riau, menggelar bimbingan teknis (bimtek) terkait tata kelola BUMDes, di Gedung Serbaguna Kantor Camat Singingi, Muara Lembu, Sabtu 11 Desember 2021.


Kegiatan Bimtek ini sekaligus peresmian Mushola Kantor Camat Singingi, Tasyakuran atas prestasi Kecamatan Singingi meraih predikat terbaik ketiga dalam evaluasi kinerja kecamatan tingkat provinsi, gerai vaksin massal dan bazar UP2K PKK.


Ketua BKAD Kecamatan Singingi, Daryanto yang juga Kepala Desa (Kades) Petai Baru, mengatakan, bimtek ini dilaksanakan untuk peningkatan ilmu dan pengetahuan terhadap Kepala Desa, BPD, Direktur, Bendahara dan Staf BUMDes dalam mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) itu sendiri.


Dikatakan, bimtek yang digelar selama 4 hari itu, mendatangkan narasumber dari akademisi UIN Susqa, DR Trian Zulhedi, dan DR Neneng Salmiah dari Unilak, serta pemateri dari Dinas PMD Dukcapil Riau dan praktisi pelaku usaha.


Menurut Daryanto, bimtek dinilai perlu untuk memberikan pelatihan yang bermanfaat bagi peserta dalam meningkatkan kemampuan menjalankan usaha BUMDes. Dengan Bimtek ini, peserta dapat pemahaman pentingnya memajukan BUMDes untuk kemajuan desa. 


"Bimtek ini diadakan selama 4 hari, dari tanggal 11-14. Kita menghadirkan beberapa orang narasumber yang berkompeten sebagai pemateri di kegiatan ini. Dengan bimtek kita harap pengelola BUMDes se Kecamatan Singingi dapat pengetahuan tambahan," ujarnya.


"Bimtek ini untuk peningkatan kapasitas SDM itu, dihadiri oleh Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby, Plt Kadis Sosial PMD Nafisman, Camat Singingi Deflides Gusni, beberapa orang nara sumber, dan diikuti 52 peserta terdiri dari Kades, Direktur dan Staff BUMDes, dan BPD se-Kecamatan Singingi," ungkap Daryanto. 


Sementara Bupati Suhardiman Amby, pada acara itu yang sekaligus sebagai pemateri, mengatakan, kegiatan bimtek diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM dalam tata kelola keuangan dan administrasi yang profesional. 


Bupati menyampaikan, kepada peserta pada kegiatan bimtek agar mengikuti kegiatan ini sungguh-sungguh serta serius untuk dipahami dan wawasan yang didapat di implementasikan dalam pengelolaan BUMDes di desa masing-masing.


"Karenanya, jika dikelola dengan baik dan profesional, tentunya kehadiran BUMDes bisa menjadi sebagai motor penggerak ekonomi masyarakat pedesaan, "kata Suhardiman Amby. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update