Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

116 Warga Pulau Rumput dapat Bantuan Bibit Sawit Unggul dari Pemerintah Desa

Jumat, 17 Desember 2021 | 08:39 WIB Last Updated 2021-12-17T01:39:11Z

Kades Pulau Rumput, Dasril, membagikan bibit sawit gratis kepada warganya.


Kuansing, Rakyatterkini.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Pulau Rumput, Kecamatan Gunung Toar, Kabupaten Kuansing, Riau, baru-baru ini membagikan 4.640 batang bibit kelapa sawit kepada warganya.


Bantuan bibit siap tanam itu diserahkan kepada 116 kepala keluarga yang mau memanfaatkan lahan mereka untuk bertanam kelapa sawit guna menambah penghasilan.


Kepala Desa Pulau Rumput, Dasril, kepada Rakyatterkini.com mengatakan, program bantuan bibit ini untuk memberikan motivasi kepada masyarakat supaya memaksimalkan pemanfaatan lahan perkebunan.


"Bantuan bibit sawit unggul jenis varietas Marihat diberikan kepada 116 orang. Perorang mendapat 40 batang. Dengan adanya bantuan ini diharapkan pendapatan masyarakat meningkat," ujarnya, Kamis 16 Desember 2021.


Pemberian bantuan bibit sawit, sebut Dasril, adalah program prioritas Pemdes Pulau Rumput TA 2021. Ini sebagai upaya pihaknya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan memanfaatkan lahan perkebunan.


Ia menjelaskan, perkebunan kelapa sawit adalah salah satu komoditi unggulan yang banyak diusahakan oleh masyarakat. Hal inilah yang membuat pihaknya memberikan bantuan bibit agar petani tetap produktif.


"Sektor perkebunan kelapa sawit memang komoditas unggulan saat ini diharapkan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat, khususnya yang berada di Desa Pulau Rumput, "ungkapnya. 


Dasril menambahkan, selain bantuan bibit, beberapa program prioritas APBDes TA 2021 juga telah direalisasikan pihaknya. Diantaranya penyaluran bantuan langsung tunai dan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui padat karya tunai. 


"Kegiatan padat karya tunai kemarin itu kita menggarap lahan kosong untuk perkebunan sayuran. Dari kegiatan itu dapat menambah penghasilan masyarakat karena memanfaatkan sumberdaya mereka sendiri.


Sementara untuk program bantuan langsung tunai dana desa penyaluran sudah tuntas. Masyarakat terdampak pandemi corona yang berhak atas bantuan itu, telah menerimanya hingga periode bulan Desember 2021, "pungkas Dasril. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update