Notification

×

Iklan

Deri Asta, Walikota Penerima Anugerah Dwija Praja Nugraha 2021

Senin, 29 November 2021 | 20:58 WIB Last Updated 2021-11-29T13:58:33Z

Walikota Deri Asta bersama Kadisdik Asril dan  pengurus PGRI Sawahlunto. (Dok Humas)


Jakarta, Rakyatterkini.com  -  Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta menjadi satu-satunya wali kota di Indonesia 2021 ini mendapatkan Anugerah Dwija Praja Nugraha, pada acara puncak peringatan HUT ke-76 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional Tahun 2021, di Jakarta, Sabtu 27 November 2021.


Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Prof.Dr. Unifah Rosyidi, mengatakan Anugerah Dwija Praja Nugraha adalah penghargaan dari guru kepada kepala daerah yang memiliki perhatian dan komitmen sangat tinggi terhadap pembangunan pendidikan, profesionalitas dan kesejahteraan guru serta PGRI.


"Anugerah ini diberikan berdasarkan hasil penilaian dan verifikasi yang dilakukan oleh Pengurus Besar PGRI, dan berdasarkan usulan dari Sekretaris Daerah Sawahlunto, PGRI Provinsi Sumatera Barat dan PGRI Kota Sawahlunto, "ujar Prof.Dr. Unifah Rosyidi.


Disampaikan Unifah, pihaknya telah melihat perhatian dan dukungan yang besar dari Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dan Pemko Sawahlunto untuk ranah pendidikan termasuk perhatian bagi guru-guru. 


Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto Asril, menyebut sejumlah program prioritas dan unggulan pada bidang pendidikan adalah pemberian seragam gratis bagi pelajar SD sampai SMP dan reward (penghargaan) bagi anak Sawahlunto yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, kemudian mahasiswa dari Sawahlunto yang memperoleh IPK sesuai ketentuan.


"Kalau perhatian dan dukungan pada guru, ada alokasi anggaran untuk peningkatan kualitas guru melalui pelatihan-pelatihan, dan kegiatan terkait lainnya. 


Juga di luar itu kalau ada kendala atau hal-hal yang terjadi pada guru, bapak wali kota langsung menanggapi dan memberikan dukungan melalui kebijakan atau pun anggaran," ujar Asril. 


Hal senada disebutkan Ketua PGRI Kota Sawahlunto Darmayeri, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta komitmen memfasilitasi berbagai kegiatan yang dilaksanakan PGRI. 


Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan terimakasih kepada PGRI atas penghargaan yang diberikan. 


"Ini penghargaan dari guru, dan kami persembahkan pula kepada para guru khususnya di Kota Sawahlunto. Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk lebih baik lagi dalam mendukung dan membantu para guru dalam memberikan pendidikan berkualitas pada anak didik, "kata Wali Kota Deri Asta. 


Dikatakan Wali Kota Deri Asta, perhatian dan dukungan pada pendidikan sudah dilaksanakan sejak awal masa pemerintahannya. Dimana dalam salah satu misi Pemko Sawahlunto sekarang tentang pendidikan adalah  mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang beriman, kreatif dan berdaya saing (dengan memberikan beasiswa/reward atau kartu Sawahlunto pintar).


Anugerah Dwija Praja Nugraha Tahun 2021 diberikan PGRI kepada 7 kepala daerah tingkat Kota, Kabupaten dan Provinsi. Untuk tingkat Kota, satu-satunya diterima wali kota Sawahlunto Deri Asta. (Hms/Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update