Notification

×

Iklan

Gubernur Sumbar Dorong Sinergi Pemerintah dengan IAI

Sabtu, 04 September 2021 | 16:52 WIB Last Updated 2021-09-04T09:52:23Z

Gubernur Mahyeldi saksikan penandatanganan MoU IAI dengan Unes.

Padang, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mendorong sinergi antara pemerintah daerah dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) untuk mendukung pembangunan daerah itu yang masuk zona rawan bencana.


"Sumbar merupakan salah satu daerah rawan bencana karena itu perencanaan untuk pembangunan harus sesuai dengan kondisi. IAI memiliki ilmu dan teknologi untuk hal itu sehingga bisa bersinergi untuk pembangunan daerah," katanya saat menghadiri Rapat Kerja Provinsi dan Pengukuhan Kepengurusan Ikatan Arsitek Indonesia provinsi Sumatera Barat masa bakti 2001-2004 di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Sabtu 4 September 2021.


Gubernur mengatakan dalam masa pandemi Covid-19 kemampuan fiskal daerah jauh menurun karena anggaran tersedot untuk penanganan pandemi sementara anggaran dari pusat seperti DAU juga menurun.


Kunci untuk melanjutkan pembangunan di masa pandemi tersebut adalah sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk swasta dan perantau.


Ia mengatakan di tataran pemerintah sinergi dan kolaborasi telah dilakukan mulai dari tingkat Nagari pemerintah kabupaten/kota dan provinsi.


Segala potensi dimaksimalkan juga dengan melibatkan para perantau meskipun dalam masa pandami kemampuan perantau juga terkena efek.


Terkait organisasi, Mahyeldi berpesan untuk menjaga soliditas agar tujuan dan visi misi bisa tercapai secara maksimal.


Sementara itu Deputy IAI Region Sumatera Denni Iwan Setiawan mengatakan IAI merupakan satu-satunya organisasi arsitek yang diakui oleh negara. Hal itu bisa terjadi karena IAI selalu berpegang teguh pada prinsip dan idealisme.


Ia mengatakan arsitek membutuhkan lisensi untuk bisa bekerja. Dalam waktu dekat lisensi itu akan masuk ke ranah provinsi. Karena itu ia berharap dukungan dari Pemprov Sumbar untuk penerbitan lisensi itu.


Dilaksankan Mou antara Univ Eka Sakti dan IAI Sumbar oleh Rektor Ekasakti Otong Rosadi dengan ketua ibu Ivo Fridiana MT IAI, ketua IAI Sumatera Barat.


MoU tentang pendisikan pelatihan dan  pengembangan sumber daya manusia serta sertifikasi keselamatan dan kesehatan kerja di bidang konstuksi


Ketua IAI Sumbar Ivo Fridiana, menyebut sesuai aturan dalam melakukan praktek seorang arsitek yang terlibat dalam penyelenggaraan bangunan gedung wajib memiliki lisensi dari IAI. (adpim)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update