Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Danlantamal II Laksma TNI Hargianto Sandang Gala Datuak Bagindo Malano Nan Hitam

Minggu, 29 Agustus 2021 | 14:55 WIB Last Updated 2021-08-29T07:55:20Z
Gubernur Mahyeldi bersama Laksma TNI Hargianto Datuak Bagindo Malano Nan Hitam.


Agam, Rakyatterkini.com - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) II Padang, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Hargianto, sandang gelar kehormatan atau Kabasaran Datuak Bagindo Malano Nan Hitam, Pangulu Suku Pisang Nagari Cingkariang, Kabupaten Agam.


Pengukuhan ini ditandai dengan proses pemasangan saluak kepada Laksma TNI Hargianto oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Datuak Marajo, pemasangan keris oleh LKAAM Sumbar M. Sayuti Rajo Penghulu, penyerahan tongkat oleh Fauzi Bahar, Datuak Nan Sati. 


Acara Batagak Gala Kabasaran itu digelar di Masjid Jami' Cingkariang, dihadiri juga Bupati Agam Andri Warman, Forkopimda Sumbar, tokoh adat Minangkabau dan pejabat daerah lainnya, Minggu 29 Agustus 2021.


"Gala Datuak Bagindo Malano Nan Hitam yang berikan kepada Danlantamal II Padang Laksma TNI Hargianto yang menjadi bagian untuk memperkuat sendi-sendi adat Minangkabau, khususnya di Nagari Cingkariang ini. 


Gubernur Mahyeldi menilai Laksma TNI Hargianto patut diangkat jadi Datuak panghulu bagala Datuak Bagindo Malano Nan Hitam dari Ninik Mamak Nagari Cingkariang. 


"Beliau adalah sosok yang tegas dalam penegakan keamanan dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat, untuk itu diapresiasi dengan penganugrahan gelar Datuak Bagindo Malano Nan Hitam dari Ninik Mamak Nagari Cingkariang," kata Mahyeldi.


Mahyeldi juga menyampaikan, acara sakral ini, sebagai seorang panghulu atau pemimpin kaum, ini sangsinya berat. Jadi ini harus dilaksanakan dalam memimpin kaum dan menuntun anak kemenakan, kearah yang lebih baik dan menanamkan pemahaman adat maupun agama.


"Atas nama Pemerintah Provinsi Sumbar, kami ucapkan selamat kepada Datuak Bagindo Malano Nan Hitam yang dinobatkan sebagai Penghulu dari Ninik Mamak Suku Pisang.


Semoga Datuak nantinya bisa mengayomi masyarakat tidak hanya di Sumbar, tetapi lebih luas masyarakat Indonesia," imbuhnya.


Bupati Agam Andri Warman dalam kesempatan itu mengatakan ucapan syukur, bahwa di daerahnya saat ini memiliki Datuak Panghulu dari TNI Angkatan Laut berbintang satu. 


"Kami sangat bangga, Danlantamal II LaksmaTNI Hargianto menjadi Niniak Mamak bagi Nagari Cingkariang. Jika sudah menyandang gelar panghulu, sebagai Datuak Bagindo Malano Nan Hitam tentunya mampu menjadi teladan bagi anak kemenakan dari kaum suku," sebutnya.


Andri Warman juga menyampaikan, penghulu dari dahulunya menjadi suri tauladan bagi lingkungan disebuah nagari, dimana semua kemanakan belajar dan meminta petunjuk ninik mamak dalam berbagai hal menjalani kehidupan.


"Selamat buat Danlantamal, semoga bisa menjalankan amanah dan menjadi pemimpin teraju umat dalam membangun Nagari yang Berpancang Amanah Bersauh Marwah," tutupnya. (nov)




×
Berita Terbaru Update