Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 29 Juli 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
68.074 11.450 55.179 1.445
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Rentenir Penyebab Masyarakat Susah ke Luar dari Kesulitan Ekonomi

Rabu, 14 Juli 2021 | 20:58 WIB Last Updated 2021-07-14T13:58:42Z
Bupati Tanah Datar, Eka Putra bersama pengurus UPK ex PNPM.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Praktik rentenir menyebabkan masyarakat susah ke luar dari kesulitan ekonomi. Bukan menjadi solusi, malah semakin berat tanggungan yang harus diselesaikan.


Bupati Tanah Datar, Eka Putra, didampingi Kadis PMDPPKB, Nofenril dan Kabag Humas dan Protokol, Yusrizal saat berdialog dengan Pengurus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) ex Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), Rabu 14 Juli 2021.


Program serupa yang digagas UPK ex PNPM di Tanah Datar dengan menggulirkan pembiayaan kepada masyarakat tanpa bunga berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya program pengentasan kemiskinan. 


Bupati Eka menyampaikan apresiasi program serupa yang digagas UPK ex PNPM di Tanah Datar dan menyambut baik program tersebut.


Dialog dihadiri Kepala Unit UPK Tuanku Lintau, Dedi Effendi, didampingi konsultan, Ketua Umum Asosiasi UPK Sumatera Barat, Diana Eka Putri, perwakilan UPK dan Badan Pengurus Perkumpulan (BPP)


Kepala Unit UPK Tuanku Lintau, Dedi Effendi, mewakili UPK Tanah Datar siap mendukung pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan turut berkontribusi melalui program bantuan bergulir.


Dedi Effendi mengatakan UPK se-Tanah Datar punya modal lebih kurang Rp47,6 Miliar. Setiap kecamatan sudah punya regulasi, bagaimana memberikan fasilitas pinjaman kepada masyarakat dengan cara cepat, mudah dan murah, tanpa bunga hanya biaya administrasi awal.


Dedi jelaskan skema yang diluncurkan pembayaran angsuran per minggu selama 10 minggu, pinjaman Rp500.000 sampai Rp2 juta.


Sasaran utama masyarakat terjerat renternir dan skema untuk pelaku UMKM yang tidak punya agunan dibuka di seluruh UPK di Tanah Datar. (farid)




×
Berita Terbaru Update