Notification

×

Iklan

Pandemi Covid, Ekowisata Konservasi Penyu Ampiang Parak, Sutera Kembali Bangkit

Senin, 19 Juli 2021 | 11:27 WIB Last Updated 2021-07-19T04:27:26Z

Inilah ekowisata konservasi penyu di Ampiang Parak, Sutera, Pesisir Selatan. (foto syaiful baron)

Painan, Rakyatterkini.com – Pandemi covid-19 menghancurkan tatanan kehidupan, tak terkecuali sektor pariwisata. Pasar pariwisata mulai lokal hingga global melemah.


Kini industri pariwisata diupayakan bangkit. Kendati demikian, pelaku pariwisata serta sektor industri lainya, mesti memperhatikan aspek kesehatan, keamanan, dan keselamatan.


Itu dikatakan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Laskar Pemuda Peduli Lingkungan, yang merupakan pengelola Ekowisata Konservasi Penyu Amping Parak Kecamatan Sutera, Haridman kepada Rakyatterkini.com, Senin 19 Juli 2021.


"Sejak awal pendemi covid-19 lebih kurang satu tahun kami sempat vakum, dan imbasnya mengalami kerugian yang sangat besar, sehingga selama satu tahun tersebut timbul hutang untuk biaya operasional,” ucap Haridman.


Lebaran kamaren pihaknya membuka kembali untuk umum dan memperbaiki beberapa wahana yang ada di Kawasan Ekowisata Konservasi Penyu. Walaupun tidak secerah dan semarak seperti masa sebelum pendemi, namun setidaknya untuk biaya operasional bisa terpenuhi.


"Alhamdulillah kami buka lebaran kemaren, kalau dikatakan normal mungkin belum, namun setidaknya untuk biaya operasional bisa terpenuhi, bahkan untuk hutang setahun sebelumnya bisa kami lunasi dengan hasil lebaran kemaren,” jelas Haridman.


Menurutnya, selama Ekowisata Konservasi Penyu dibuka untuk umum setidaknya akan membantu ekonomi masyarakat sekitar. Itu terlihat selama satu tahun vakum tidak ada warung yang buka, dan saat ini warung yang ada di sekitar lokasi sudah mulai buka kembali walau tidak seramai dulu.


Ia berharap kepada pengunjung untuk selalu memperhatikan prokes covid-19 selama berada di Kawasan Ekowisata Konservasi Penyu Amping Parak.


Kepada masayarakat yang ingin berkunjung, diharapkan tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19. Kepada pemerintah agar selalu memperhatikan kebutuhan kegiatan lingkungan Ekowisata Konservasi Penyu Amping parak, pungkasnya. (baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update