Notification

×

Iklan

Gubernur: Soliditas Tingkat Nagari Awal Kemajuan Daerah

Kamis, 08 Juli 2021 | 19:04 WIB Last Updated 2021-07-08T12:04:45Z

Gubernur Mahyeldi kukuhkan pengurus Forum Wali Nagari Sumbar periode 2021-2024.

Padang, Rakyatterkini.com - Soliditas di tingkat nagari/desa, merupakan langkah awal untuk kemajuan kabupaten/kota hingga provinsi.


"Banyak hal besar yang bermula dari nagari termasuk untuk tokoh-tokoh nasional asal Sumbar dalam perjuangan bangsa, awalnya tumbuh di nagari. Kalau ada soliditas di nagari akan muncul lagi tokoh nasional dari Sumbar, "kata Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi saat pengukuhan pengurus Forum Wali Nagari Sumbar periode 2021-2024, di Padang, Kamis 8 Juli 2021.


Gubernur berpesan agar pengelolaan nagari harus dilakukan secara baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.


"Kalau misalnya ada yang tidak dipahami jangan ragu untuk meminta konsultasi ke dinas terkait. Nanti akan dikirimkan orang-orang yang ahli untuk memberikan pelatihan agar pengelolaan nagari bisa berjalan dengan maksimal, "katanya.


Pengelolaan itu termasuk bentuk pengelolaan keuangan yang berpotensi besar untuk bisa menjerat wali nagari atau kepala desa dalam kasus hukum jika tidak dilakukan sesuai aturan.


Ia menilai sebagian besar kasus hukum yang terjadi di nagari adalah karena ketidakmengertian wali nagari secara administrasi, bukan karena faktor kesengajaan. Hal ini jangan sampai terjadi pada kepemimpinan Wali Nagari yang dikukuhkan saat ini, kata Gubernur.


Setidaknya, kata Mahyeldi dibutuhkan Sekretaris Nagari yang benar-benar memahami alur keuangan sehingga bisa membuat pertanggungjawabkan semua kegiatan dengan baik. 


Forum Wali Nagari Sumbar yang dikukuhkan juga diharapkan bisa memberikan sharing informasi antara sesama wali nagari untuk bisa meningkatkan kualitas pengelolaan di daerah masing-masing.


Dalam masa pandemi Covid-19, gubernur berpesan agar dana desa atau dana nagari yang dialokasi sebanya 8% bisa danfaatkam untuk pengendalian penyebaran virus di tingkat nagari, misalnya dengan pembuatan isolasi nagari. 


Sementara itu Ketua Forwana Sumbar 2021-2024, Zul Arfin Dt Parpatiah mengatakan organisasi tersebut bukanlah ormas, tetapi sebuah organisasi yang beranggotakan kepala pemerintahan di tingkat paling bawah.


Tujuannya adalah untuk bisa berkoordinasi dengan baik tingkat kabupaten/kota maupun provinsi untuk menjalankan program-program yang bisa mengembangkan nagari. (adpim)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update