Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 17 Oktober 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.631 430 87.061 2.140
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Festival Pesona Adat Nagari, Puncak Pato Berbenah

Senin, 05 Juli 2021 | 22:18 WIB Last Updated 2021-07-05T15:18:45Z



Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, membuka Festival Pesona Adat Nagari bertema Tapak Tilas Sumpah Sati Bukik Marapalam, di Puncak Pato Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Minggu 4 Juli 2021.


Difasilitasi Dinas Pariwisata Sumatera Barat bersumber dari pokok pikiran (Pokir) Komisi II anggota DPRD, Jefri Masrul, acara itu dikemas secara live streaming 


Tujuan dari acara tersebut, yaitu sebagai ajang promosi pesona budaya, wisata dan ekonomi kreatif anak nagari Batu Bulek pada khususnya, yang akan berdampak positif pada perkembangan perekonomian masyarakat sekitar.


Sekilas sejarah terkait Sumpah Sati Bukik Marapalam, dimana kaum adat dan kaum ulama menghasilkan perjanjian yang menjadi filosofi masyarakat di Minangkabau dari dulu hingga sekarang, yakni Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).


Kondisi Puncak Pato kini telah mengalami perubahan signifikan dengan renovasi dan pembangunan kios dengan anggaran Rp2 miliar lebih dan akan ditingkatkan untuk ke depannya.


Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Novrial mengatakan wisatawan datang ke Sumatera Barat paling banyak melihat budaya setempat.


Selain kuliner dan alamnya, maka dari itu digelarnya Festival Pesona Adat Nagari bertema Tapak Tilas Sumpah Sati Bukik Marapalam mampu memenuhi kebutuhan tujuan wisata dimaksud. (farid)




×
Berita Terbaru Update