Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 29 Juli 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
68.074 11.450 55.179 1.445
sumber: corona.sumbarprov.go.id

'Berkurban Jalan untuk Ketaqwaan'

Selasa, 20 Juli 2021 | 15:58 WIB Last Updated 2021-07-20T08:58:38Z
Khutbah Idul Adha 1442 H di Masjid Zu'ama, Kelurahan Pasar Usang, Kecamatan Padang Panjang Barat. (kominfo)


Padang Panjang, Rakyatterkini.com - Hidup diibaratkan sebuah perdagangan. Pasti ada laba dan rugi. Agar hidup selalu beruntung serta jauh dari azab Allah SWT, kuncinya seseorang harus beriman kepada Allah SWT.


"Itulah yang dijalankan orang yang berhaji. Mereka mengorbankan harta dan dirinya agar mendapatkan haji yang mabrur,"  kata Ustadz Amrizal,  dalam khutbah Idul Adha 1442 H di Masjid Zu'ama, Kelurahan Pasar Usang, Kecamatan Padang Panjang Barat, Selasa 20 Juli 2021.


Dikatakan, saat Idul Adha, umat Islam disunnahkan melakukan penyembelihan hewan kurban. "Ini termasuk berjihad dengan harta yang kita dapatkan untuk ketaqwaan kepada Allah, bukan untuk mendapatkan daging, bukan untuk menunjukkan  kita punya uang," ujarnya.


Ustadz Amrizal mengajak supaya niat berkurban semata-mata mendapatkan  keridhaan, ketaqwaan dan jalan mendekatkan diri kepada Allah SWT.


"Memang berat mendapatkan kebaikan yang sempurna, karena kita harus mampu mengorbankan apa yang dicintai, seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim AS," tuturnya, seperti dikutip di laman kominfo.


Harta yang dimiliki untuk akhirat, ialah harta yang diinfaqkan, sementara yang ditumpuk, hanya untuk ahli waris. Jangan menjadi orang yang tidak beruntung dalam perniagaan.


Ustadz Amrizal juga mengajak dimasa pandemi ini dimaknai dengan meningkatkan kepedulian terhadap sesama. "Ini saatnya kita saling peduli, berbagi seperti kepada mereka yang menjalankan isolasi  mandiri," ajaknya.


Sementara itu, dari laporan pengurus Masjid Zu'ama, ada delapan ekor sapi dan satu ekor kambing, hewan kurban yang akan disembelih Rabu besok untuk dibagikan kepada warga sekitar. (harris)




×
Berita Terbaru Update