Notification

×

Iklan

Peringkat PT Indonesia Jauh Ditinggal Kampus Negara Tetangga

Senin, 07 Juni 2021 | 17:42 WIB Last Updated 2021-06-07T10:42:53Z

Kampus Institut Teknologi Bandung.


Jakarta, Rakyatterkini.com - Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia, The Times Higher Education (THE) merilis THE Asia University Rankings 2021 melalui laman https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings/2021/regional-ranking, pada Rabu 2 Juni 2021.


Universitas Indonesia (UI) menempati posisi teratas sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, peringkat ke-15 di Asia Tenggara, dan urutan 194 di Asia. 


Berdasarkan catatan, yang diwartakan Republika, peringkat UI sebagai kampus terbaik di Indonesia menurun dibandingkan pada 2020, di posisi 162.


Kampus Indonesia di posisi kedua dan kelima terpaut sangat jauh. Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), misalnya berada di posisi 301 sampai 400. Capaian kampus di Indonesia tertingal sangat jauh dibandingkan kampus negara tetangga.


Dengan Singapura, misalnya, Indonesia tidak ada apa-apanya. Singapura menempatkan dua kampus terbaik di lima besar, yaitu National University of Singapore di urutan ketiga dan Nanyang Technological University di peringkat kelima.


Malaysia juga mengungguli Indonesia. Terdapat delapan kampus Malaysia yang posisinya di atas UI. University of Malaya di urutan teratas kampus terbaik di Malaysia dan urutan ke-49 terbaik di Asia. Dan, Universiti Sains Malaysia yang berada di peringkat ke-163, merupakan kampus kedelapan yang posisinya lebih baik daripada Indonesia.


Bahkan, perguruan tinggi milik Pemerintah Kerajaan Brunei Darussalam, yaitu Universiti Brunei Darussalam ada di urutan ke-60. Filipina juga menyumbang kampus di posisi lebih baik daripada Indonesia, yaitu University of the Philippines di peringkat ke-84.


Thailand menempatkan tiga kampus di posisi lebih baik daripada Indonesia. Mahidol University di urutan 130, Mae Fah Luang University di peringkat 187, dan Chulalongkorn University di peringkat 194 atau mendapat nilai sama dengan UI.


Dalam menentukan pemeringkatan, THE melihat dari data yang mencakup 551 universitas dari 30 negara. THE World University Rankings adalah satu-satunya tabel kinerja global yang menilai perguruan tinggi riset-intensif pada semua misi inti para perguruan tinggi.


Penilaian meliputi, pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional untuk memberikan perbandingan yang paling komprehensif dan seimbang. 


THE Asia University Rankings 2021 menggunakan 13 indikator kinerja yang sama dengan THE World University Rankings, yang dipercaya oleh mahasiswa, akademisi, pemimpin universitas, industri, dan pemerintah.


Indikator kinerja kampus dikelompokkan menjadi lima bidang, yaitu Teaching (the learning environment); Research (volume, income and reputation); Citations (research influence); International outlook (staff, students, and research); dan Industry Income (knowledge transfer). Pada indikator Industry Income, UI memperoleh skor tertinggi dari empat indikator lainnya. (*)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update