Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 29 Juli 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
68.074 11.450 55.179 1.445
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Deri Asta: 'Pembangunan SDM Kunci Utama Kemajuan Bangsa'

Senin, 14 Juni 2021 | 05:44 WIB Last Updated 2021-06-13T22:44:06Z
W alikota Sawahlunto Deri Asta.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta, mengatakan pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci utama dalam kemajuan sebuah bangsa. Rendahnya daya saing suatu bangsa diakibatkan dari rendahnya indeks pembangunan SDM.


Ini bermuara pada rendahnya inovasi, pendapatan per kapita, rendahnya rasio gizi, tingginya angka stunting, itu semua akhirnya berpengaruh pada rendahnya indeks kebahagian warga.


Itu disampaikana Deri Asta dalam dialog dengan beberapa petinggi Partai Amanat Nasional yang datang berdiskusi di kediaman walikota yang juga adalah Ketua DPD PAN Sawahlunto, Sabtu 12 Mei 2021 malam.


Deri Asta menilai tidak ada negara atau bangsa yang maju tanpa SDM unggul. Misi pemko saat ini adalah pembangunan SDM sebagai prioritas tanpa meninggalkan pembangunan di sektor lainnya.


"Pembangunan SDM adalah investasi jangka panjang, lanjut Deri Asta. Programnya tidak instan, kita baru bisa melihat hasilnya beberapa tahun ke depan, tapi ini harus kita laksanakan. Pemimpin yang baik itu adalah pemimpin yang juga menyiapkan generasi - generasi unggul dimasa depan."


Ketika fokus pada pembangunan SDM, memang akan terlihat pembangunan pisik stagnan. Ini sangat disadari Deri Asta dengan banyaknya kritikan masyarakat, pemerintahan sekarang tidak ada melakukan pembangunan.


Tapi semua itu terbantahkan dengan ekspose pembangunan yang dilakukan Pemko bersama jajarannya seperti pembangunan Puskesmas Talawi, Pembangunan Kantor Camat Silungkang yang hampir lima tahun kebelakang tidak punya kantor, pembangunan beberapa kantor desa yang cukup representatif.


"Alhamdulillah, di tengah kesulitan anggaran pembangunan saat ini, karena adanya refokusing anggaran dari pusat, kita masih bisa berbuat untuk kesejahteraan masyarakat dan itu diakui oleh pemerintahan provinsi dan pusat dengan diganjarnya pemko sawahluto dengan beberapa penghargaan, "ujar Deri Asta.


Dibidang Kesehatan, pemko sudah mengcover 98,9 % jumlah penduduk yang Premi BPJSnya dibayarkan pemko, tertinggi di Indonesia. Reward kepada putra putri Sawahlunto yang lolos masuk perguruan tinggi akreditasi A dan B serta bantuan uang semester bagi mahasiswa yang IPKnya diatas 3,1 tanpa memandang status sosial orang tuanya, dan ini belum pernah dilakukan oleh pemerintah - pemerintah sebelumnya.


"Pembangunan kampus PSDKU-UNP di Sawahlunto adalah wujud nyata dari pembangunan SDM Sawahlunto, "ujar pria yang murah senyum ini.


Dalam minggu depan akan dilakukan peletakan batu pertama pembangunan kampus Pusat Study Diluar Kampus Utama (PSDKU) UNP di Sawahlunto, seperti yang dijanjikan Rektor UNP sebelumnya. Gedung PSDKU-UNP di Sawahlunto ini tidak akan kalah dengan Kampus Utama UNP di Padang.


"Dengan berdirinya kampus perguruan tinggi negeri di Sawahlunto, akan memberikan multiplayer effek positif bagi peningkatan perekonomian masyarakat sawahlunto, "tutup Deri Asta. (Ris1)




×
Berita Terbaru Update