Notification

×

Iklan

Mewujudkan Keterbukaan Informasi, Rutan Kelas IIB Muaro Labuh Silaturahmi dengan Wartawan

Senin, 05 April 2021 | 06:45 WIB Last Updated 2021-04-04T23:45:50Z

Kepala Rutan Muaro Labuh jalin silaturahim dengan wartawan.


Padang Aro, Rakyatterkini.com - Mewujudkan keterbukaan informasi dan mendukung pelaksanaan program peningkatan kualitas pelayanan publik berbasis digital.


Rutan Kelas IIB Muara Labuh, melaksanakan silaturahmi dan berbagi pengetahuan dengan mitra kerja dan wartawan, bertempat di kantor Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Muara Labuh, Sabtu 3 April 2021.


Kepala Rutan Muara Labuh, Sarwono, sesuai dengan perkembangan zaman keterbukaan informasi, dan sebagai tuntutan kerja yang mewajibkan setiap pegawai mampu untuk membuat laporan pekerjaan yang dapat dikonsumsi oleh umum. 


Makanya pegawai saat ini diwajibkan harus bisa menyesuaikan diri, sehingga bisa untuk membuat press relis yang bisa dibagikan pada wartawan berbagai media massa. 


Artinya selama ini pegawai melaporkan kegiatan, hanya secara lisan, dan kalaupun ada yang tertulis, baru sebatas untuk dikonsumsi dalam lingkungan. 


Ke depan tidak lagi demikian. Kegiatan di balik dinding tembok ini sudah saat dapat pula diketahui oleh masyarakat di luar, ujar Sarwono. 


Silaturahmi dan berbagi pengetahuan dengan wartawan itu dihadiri Kepala Pengamanan Rutan, Frista Wilza, Kasubsi Pelayanan Tahanan, Ruzdynal, dan beberapa orang pegawai lainnya. 


"Sengaja kita hadirkan seluruh pegawai Rutan dan salah seorang wartawan di sini. Tujuannya adalah untuk berbagi ilmu terkait dengan cara membuat laporan kegiatan yang bisa dijadikan bahan publikasi untuk umum, atau cara membuat press relis dari hasil kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing pegawai, " kata Sarwono.


"Masing-masing bidang harus membuat berita yang dimuat di media online/cetak sebagai bentuk pemberitaan atau informasi yang perlu diketahui masyarakat, "tegas Sarwono


Ke depan masing-masing pegawai atau masing peiabat di Rutan ini harus mampu untuk membuat laporan yang bisa dikomsumsi oleh publik melalui media massa. Makanya kita semua juga perlu lebih dahulu mempelajari bagaimana cara untuk membuat press relis tersebut. 


Berikutnya sudah pasti pula kita akan menjalin kemitraan dengan berbagai media massa yang ada di daerah ini, baik cetak maupun media online, "tambahnya. 


Kemitraan dengan pers sangat penting, apalagi untuk menyebarkan berbagai informasi atau kegiatan yang ada di Rutan kepada masyarakat, agar tersampaikan dengan cepat, "jelas Sarwono. 


"Kita dari Rutan Muara Labuh, siap untuk melaksanakan budaya baru yaitu membuat pemberitaan melalui media digital/online sesuai bidang masing-masing," pungkasnya. 


Sementara itu wartawan Rakyatterkini.com Alberto yang turut hadir, turut berbagi ilmu terkait teknik menulis kegiatan untuk bisa dijadikan sebagai bahan berita. 


Diantaranya ia memaparkan teknik dasar untuk menulis di media  massa yaitu faktor 5W+1H sangat berguna dalam mengantarkan informasi dengan tepat & benar. 


Artinya faktor 5W+1H itu adalah patokan dasar dalam menyusun news lead pada press release yang bisa dipergunakan oleh pegawai Rutan," katanya. 


Selain itu, pegawai juga diharapkan banyak juga membaca, berdialog dengan banyak wartawan untuk menggali ilmu teknik menulis yang cepat, akurat dan yang tidak kalah penting adalah untuk melahirkab berita yang benar. Termasuk benar dalam kaidah bahasanya, " harap Afrizal Amir. 


Di penghujung silahtuhrahmi, dilakukan dialog dan berbagi informasi terkait sisi penting dari kegiatan dalam Rutan itu yang bisa dijadikan bahan untuk berita. (AL)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update