Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Rabu, 9 Juni 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
46.385 642 41.832 1.048
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Menteri PPN/Kepala Bappenas Berkunjung ke Tanah Datar

Sabtu, 10 April 2021 | 22:20 WIB Last Updated 2021-04-10T15:23:18Z
Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa melihat pengerjaan songket Pandai Sikek.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa berkunjung dan melihat pengerjaan songket Pandai Sikek, Sabtu 10 April 2021, di Nagari Pandai Sikek, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar.


Tenunan Songket Pandai Sikek yang sudah mendunia, membuat Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa berkunjung ke Tanah Datar di dampingi Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat Nasrizal, Menteri Monoarfa bersama isteri dan rombongan juga melihat para pengrajin ukiran Minangkabau di Nagari Pandai Sikek.


Monoarfa mencobakan menenun dengan alat tenun manual tersebut, dan langsung mencoba bagaimana merajut benang dengan alat tenun bukan mesin (ATBM) itu menjadi kain songket yang bernilai jual tinggi.


Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumbar, Nasrizal mengatakan kunjungan Menteri PPN ini ke pusat enun Pandai Sikek merupakan berkah bagi Sumbar, khususnya Tanah Datar, karena dapat mempromosikan produk tenun Pandai Sikek dan kondisi terkini dimasa pandemi kepada Menteri yang merancang pembangunan di Indonesia itu.


“Tenun Pandai Sikek kita tahu sudah terkenal sejak lama dan berakar dari budaya masyarakat kita di Sumatera Barat khususnya di Nagari Pandai Sikek yang juga spesifik, ”ujarnya.


Dikatakan Nasrizal, kepada Menteri juga sudah dilaporkan tentang kondisi sarana dan prasarana yang perlu ditingkatkan lagi, SDM, pemasaran serta akses jalan menuju Nagari Pandai Sikek yang masih sempit.


Nasrizal berharap apa yang sudah disampaikan kepada Menteri menjadi perhatian dan kajian bagi Bappenas sehingga perekonomian di Sumatera Barat dapat bangkit kembali. (farid)




×
Berita Terbaru Update