Notification

×

Iklan

ASN Kemenag Solsel Diwajibkan Tadarus Online Setiap Malam

Kamis, 15 April 2021 | 10:13 WIB Last Updated 2021-04-15T03:13:35Z

Kakan Kemenag Solok Selatan, H. Syamsuir.


Padang Aro, Rakyatterkini.com - Pelaksanaan ibadah ramadan tahun ini,  Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Solsel menyampaikan beberapa poin penting terkait Surat Edaran (SE) Menteri Agama nomor 03 Tahun 2021 Tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi. 

 

Ada beberapa kegiatan di kalangan ASN Kemenag Solsel pada tahun ini, diantaranya tadarus dan kegiatan kultum, "kata Kakan Kemenag H. Syamsuir didampingi Kasi Zakat dan Wakaf Syafra Haradi, Rabu 14 April 2021.


Syamsuir menjelaskan, di tengah wabah pandemi Covid-19 masih terjadi tahun ini ada beberapa larangan dan ketentuan yang mesti dipatuhi masyarakat saat  ibadah berjamaah di masjid maupun di mushalla. 


Secara pasti jamaah atau pengurus harus membersihkan masjid, surau/mushalla dan menyediakan hand sanitizer atau sabun pencuci tangan di tempat wudhu. 


Selain itu juga diminta untuk memasang spanduk/baleho “MARHABAN YA RAMADHAN” mari kita tingkatkan usaha dan doa semoga Ramadhan penuh berkah dan di jauhkan dari wabah," katanya.


Selain itu pengelolah zakat fitrah dan zakat mal diharapkan pelaksanaannya dimulai sejak awal Ramadhan, untuk menghindari keramaian dan tetap mengikuti potokol kesehatan. 


Ditambahkan Kasi Zakat dan Wakaf Syafra Haradi, mulai satu ramadan setiap ASN di lingkungan Kemenag Solsel diwajibkan melaksanakan tadarus setiap harinya sedikitnya satu jus satu hari perorang. 


Tercatat 180 orang ASN di lingkungan Kemenag ini akan dikelompokkan 30 orang setiap kelompoknya. 


"Masing-masing ASN dikelompokan 30 orang dalam satu group tadarus, dan pada akhirnya setiap anggota kelompok tersebut pasti akan khatam Al-quran nantinya, "kata Syafra Haradi yang merupakan penanggungjawab tadarus online.


Pelaksanaan tadarus secara online dan dilaporkan setiap harinya itu menurut Syafra, sangat dibutuhkan keseriusan ASN dalam menjalankan amanah. 


Selain itu ada juga kegiatan lain yang dilaksanakan oleh ASN, khususnya yang ada di Kantor Kemanag Solsel. Artinya selama 17 hari kegiatan pada Ramadan tahun ini, seluruh ASN di Kemenag itu mempunyai tugas atau harus melaksanakan kegiatan, menjadi muazin, imam dan penceramah kultum tujuh menit. 


Diharapkan nantinya kegiatan ini menjadi budaya dan kebiasaan bagi ASN jajaran Kemenag dihari-hari biasanya, "pinta Syafra Haradi. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update