Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Wartawan Berkompeten di Sumbar Bertambah, Total se-Indonesia 13.176

Selasa, 09 Maret 2021 | 18:29 WIB Last Updated 2021-03-09T11:29:23Z
Peserta UKW foto bersama ketua dan pengurus PWI Sumbar.


Padang, Rakyatterkini.com - Wartawan yang berkompeten di seluruh Indonesia berjumlah 13.176 orang, setelah melalui ujian kompetensi wartawan (UKW) 115 kali.


Koordinator tim penguji UKW ke-15 Sumatera Barat, Dr.Iskandar Zulkarnain mengatakan ketika penutupan UKW ke-15-16 PWI Sumatera Barat, Selasa (9/3/2021) di Inna Muaro Hotel.


Iskandar bercerita, wartawan itu merupakan profesi yang membutuhkan profesionalisme dalam mencari, mengolah dan menyebarluaskan informasi. Jika ingin dianggap lebih profesional, jurnalis harus mengikuti UKW.


Dari 53 peserta yang ikut UKW pada Senin-Selasa (8-9/3/2021), tujuh orang diantaranya dinyatakan belum berkompeten atau sekitar 86 persen yang berkompeten. 


UKW ke-15 ini dituanrumahi PWI Sumbar dengan jumlah peserta 53 orang (terdaftar 54 dan 1 orang tidak datang).


Ke-53 peserta yang ikut UKW dibagi tiga kategori. Muda tujuh kelompok, Madya dan Utama masing-masingnya satu kelompok.


Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus mengucapkan terima kasih atas atensi Dewan Pers yang menunjuk Sumbar jadi penyelenggara UKW. Tentunya dengan adanya UKW itu dapat melahirkan jurnalis yang lebih profesional dalam menjalankan tugas ke sehariannya.


Sementara Ketua Pelaksana UKW Sawir Pribadi menyebutkan, peserta yang mengikuti ujian tersebut sebanyak 53 orang. Sebelumnya tercatat 54 orang dan satu orang tidak datang.


Peserta yang mengikuti UKW tersebut merupakan 'beruntung' karena berjubelnya peserta yang mendaftar hanya 54 orang yang lolos seleksi administrasi. Sementara peserta yang mendaftar mencapai 180 orang.


"Saya berharap peserta UKW ini berkompeten semuanya, sehingga Sumbar kembali melahirkan wartawan yang lebih profesional menjalankan tugas seharianya di lapangan," tambahnya.


Sementara itu Ketua PWI Pusat, diwakili Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan Ocktap Riady ketika menutup UKW menuturkan masih banyak wartawan yang belum mengerti Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan UU Pers. 


"Jadi saya harap kawan-kawan sering-seringlah baca KEJ dan UU Pers," ujarnya.


Pada penutupan itu diumumkan tiga wartawan yang terbaik pada UKW tersebut, Fredy dari fajarharapan.id dari kelompok muda, Bambang Sulistiyo (Singgalang/Madya) dan Devi (SKH Khazanah) dari kelompok Utama. 


Sebagai penghargaan tim penguji memberikan satu buah buku untuk masing-masing yang terbaik tersebut. (gp)




×
Berita Terbaru Update