Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 17 Oktober 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.631 430 87.061 2.140
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Wagub Sumbar Tinjau Progres Strategis di Pasaman Barat

Jumat, 12 Maret 2021 | 08:37 WIB Last Updated 2021-03-12T01:37:19Z
Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy tinjau progres strategis di Pasaman Barat.

Pasaman Barat, Rakyatterkini.com - Menggunakan helikopter wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy melakukan kunjungan kerja ke Pasaman Barat. 


Audy meninjau progres strategis seperti, irigasi Batang Batahan, Batang Sikabu dan pelabuhan Teluk Tapang.


Wagub didampingi kepala Dinas PUPR Fathol Bahri, Kepala Dinas PSDA Rifda Suriani, Kepala Bappeda Hansastri, Kalaksa BPBD Erman Rahman, Kabalitbang Reti Wafda, Kabiro Humas Hefdi, Kamis (11/3/2021).


Pasaman Barat adalah salah kabupaten yang punya potensi dan prospek ke depan yang akan lebih berkembang dan maju, potensi perkebunan, perikanan, tanaman pangan, kedelai dan lain-lainnya. 


"Bahkan kedelai Pasaman pernah terbaik satu se Indonesia dulunya oleh sebab itu infrastruktur pendukungnya harus baik," ujar Audy Joinaldy.


Rombongan Wagub disambut Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan Wabup Risnawanto serta unsur Forkopimda, SKPD serta ribuan masyarakat yang antusias menyambut kedatangan rombongan di lapangan tempat helikopter mendarat. 


Maksud kunjungan adalah melihat secara langsung kondisi insfrastruktur irigasi khusus batang Sikabau dan batahan yang setiap tahunya mengalami banjir mengenangi pemukiman warga serta merusak tanaman masyarakat.


Masyarakat sekitar Batang Sikabau mengeluhkan rumahnya sering kebanjiran dan merusak tanaman  pangan. Sedangkan masyakarat Batang Batahan meminta agar diperbaiki irigasi kembali yang mempunyai potensi mengairi lahan pertanian dan sawah seluas 5253 Ha. Di samping itu bencana banjir akan teratasi


Anggaran yang dibutuhkan untuk normaliasi Batang Sikabau sekitar Rp300 miliar, sedangkan perbaikan irigasi Batang Batahan sekitar Rp159 miliar.


"Anggaran ini cukup besar, tidak akan mampu APBD, oleh sebab itu kita akan usulkan ke APBN melalui dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), selasa depan kita rencana akan ketemu dengan Menko Maritim dan akan kita usulkan beberapa proyek strategis Sumatera Barat termasuk Pasaman Barat," jelasnya.


Begitu juga untuk jalan yang menuju pelabuhan Teluk Tapang masih diperlukan anggaran yang besar sekitar Rp360 miliar untuk menyelesaikan jalan akses ke pelabuhan sepanjang 25 Km lagi dari total 42 Km.


Wagub Audy berpesan akan berupaya memperjuangkan keberlanjutan pembangunan proyek strategis di Pasaman Barat ini ke pemerintah pusat. Tentunya harus didukung oleh Bupati Pasaman Barat bersama perangkatnya. (hms-sumbar) 




×
Berita Terbaru Update