Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin, 19 April 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
34.137 744 31.777 375
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Tingkatkan Kemampuan Penyidik, Kapolda Buka Binkatpuan PPNS

Kamis, 25 Maret 2021 | 17:32 WIB Last Updated 2021-03-25T10:32:55Z
Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Toni Harmanto buka Binkatpuan PPNS.


Padang, Rakyatterkini.com - Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, membuka Pembinaan Peningkatan Kemampuan (Binkatpuan) bagi Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di Sumatera Barat.


Binkatpuan Biro Korwas PPNS Bareskrim Polri 2021 ini, diikuti oleh Kasi Korwas PPNS Ditreskrimsus Polda Sumbar, Penyidik Ditlantas Polda Sumbar, Penyidik Ditpolair Polda Sumbar, Kasat Reskrim Polres/Ta jajaran Polda Sumbar Sebagai Pengembang Fungsi Korwas PPNS, PPNS dinas/instansi/balai tingkat serta Kasat Pol PP provinsi/kab/kota di Sumbar, Kamis 25 Maret 2021 di hotel Kryad Bumi Minang. 


Binkatpuan yang diadakan tersebut sebagai upaya meningkatkan kemampuan para penyidik dalam melaksanakan tugas di bidang pembinaan terhadap PPNS, guna mewujudkan PPNS yang profesional sesuai dengan ketentuan KUHAP.


Kapolda mengatakan, dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai alat negara penegak hukum berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang KUHAP, maka Polri mempunyai tanggung jawab yang antara lain ke dalam, Polri melalui fungsi reskrim melakukan penyelidikan dan penyidikan. 


"Keluar, Polri melaksanakan koordinasi, pengawasan dan pembinaan tekhnis penyidikan terhadap PPNS," kata Irjen Pol Toni Harmanto. 


Lanjutnya, menyikapi peran Polri sebagai koordinator dan pengawasan PPNS tersebut, maka perlu langkah-langkah yang implementatif guna pencapaian hasil penyidikan yang optimal. Juga, koordinasi dan kolaborasi hendaknya dapat menyatukan visi dan misi penyidik sampai tahap penuntutan. 


"Selain itu dalam pelaksanaan pembinaan kepada PPNS, penyidik Polri mempedomani pada ketentuan KUHAP maupun peraturan Undang-undang lain," jelasnya 


"Untuk itu maka pada hari ini akan dilakukan kegiatan binkatpuan, yang menjelaskan tentang jenis, pola dan standar kompetensi diklat PPNS guna meningkatkan kemampuan fungsi pembinaan serta pelaksanaan korwas kepada PPNS," ujarnya menambahkan.  


Binkatpuan ini juga dihadiri oleh Wagub Sumbar Audy Joinaldi, Pejabat Utama Polda Sumbar dan Kapolresta Padang. (*/gp)




×
Berita Terbaru Update