Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Ratusan Hektare Sawah Kekeringan, Ribuan Masyarakat Gagal Panen

Rabu, 10 Maret 2021 | 13:57 WIB Last Updated 2021-03-10T06:57:22Z
Ilustrasi foto sawah kekeringan.


Painan, Rakyatterkini.com – Ratusan hektare areal persawahan di Nagari Koto Nan Tigo Selatan Surantiah dan Nagari Aur Duri Surantiah, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan kekeringan.


Kekeringan itu disebabkan ambruknya bendungan atau tempat aliran air di Sungai Batang Surantih. Bendungan itu sudah lama dibangun, dan diharapkan perhatian pemerintah.


Plt Camat Sutera Akpal Rizonly, membenarkan bendungangan aliran yang dibangun pada beberapa tahun itu rusak parah dan berstatus kritis dan hancur. Selain beresiko rawan pangan dikarenakan kekeringan juga berpotensi akan menimbulkan gagal panen. 


"Butuh anggaran Rp300 juta untuk memperbaikinya, "ujar Akpal.


Menurut dia, untuk mengatasi permasalahan itu pemerintah provinsi dan kabupaten harus bahu-membahu meminta bantuan pemerintah terkait.


Bendungan itu merupakan satu-satunya sumber air yang mengaliri hamparan pertanian seluas 450 hektare. Masing-masing tersebar di 6 Kampung dua nagari.


Kedua walinagari memintak penuh kepada dinas PSDA provinsi, supaya bisa memperbaiki secepat mungkin. Sebab, ribuan masyarakat akan mengalami gagal panen. 


Setelah dikonfirmasi kepada dinas terkait PSDA, Zakirman menyarankan untuk mengajukan profosal terlebih dahulu dan nanti diusahakan di anggaran perubahan. (baron)




×
Berita Terbaru Update