Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pemko Sawahlunto Adakan Rakor dengan Pemerintahan Terdepan

Selasa, 09 Maret 2021 | 15:40 WIB Last Updated 2021-03-09T08:40:57Z
Wako Deri Asta didampingi Wawako Zohirin Sayuti, Setdako Ambun Kadri dan Asisten I, Irzam memimpin rakor dengan pemerintahan terdepan.


Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Program pengentasan kemiskinan dan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di sejumlah desa menjadi prioritas yang dibahas dalam rapat koordinasi (Rakor) Pemko Sawahlunto, Senin (8/3/2021).


Unsur pemerintahan terdepan yang mengikuti rakor tersebut adalah pemerintah desa/kelurahan, badan permusyawaratan desa (BPD), lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) dan kerapatan adat nagari (KAN). 


Dalam Rakor juga dibahas menyangkut perkembangan terkini situasi dan kondisi serta aspirasi masyarakat di desa/kelurahan. Didahului dengan penyampaian ekspose dari Walikota Sawahlunto Deri Asta tentang program Pemko Sawahlunto yang tengah dan akan direalisasikan. 


Tentang pengentasan kemiskina, Walikota Deri Asta meminta kepada pemerintah desa/kelurahan untuk bersinergi dan berkoordinasi dengan Pemko dalam  membuat dan melaksanakan program pengentasan kemiskinan. Walikota menargetkan agar Pemerintah Desa/Kelurahan dapat mengurangi jumlah penduduk miskin setidaknya 1 sampai 5 orang setiap tahunnya. 


"Kita sudah keluarkan surat edaran, supaya pemerintah desa menganggarkan minimal 20 persen dari Anggaran Dana Desa (ADD) untuk menggerakkan ekonomi produktif masyarakat yang bertujuan menurunkan angka kemiskinan, "ujar walikota.


Ada banyak program ekonomi produktif yang bisa digerakkan Pemerintah Desa. Antara lain memberikan bantuan bibit ternak seperti kambing, ayam dan itik. 


Sisi ekonomi produktif ini, juga bisa ditingkatkan pemerintah desa dengan mengoptimalkan dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat. 


Ada banyak potensi UMKM yang jika dibantu dan dibimbing dengan tepat dapat berkembang dan menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang bagus.


Sementara terkait pelaksanaan Pilkades, dimana ada 8 Desa di Sawahlunto yang melaksanakannya, Walikota Deri Asta menyampaikan agar dapat menjalankan dengan baik sesuai aturan/regulasi yang berlaku. Kemudian karena dilaksanakan masih dalam masa pandemi maka tentu harus menerapkan standar protokol kesehatan.


"Pihak-pihak yang terlibat ini mohon persiapkan dengan maksimal. Kita sudah punya track record bagus pada Pilgub kemaren berhasil berlangsung sukses terutama dalam penerapan protokol kesehatannya. Maka dalam Pilkades nanti, pertahankan dan tingkatkan kesuksesan di Pilgub kemaren," ujar Walikota Deri Asta. (Ris1)




×
Berita Terbaru Update