Notification

×

Iklan

Pembangunan Intake dan Transmisi Air Baku Disetujui

Selasa, 30 Maret 2021 | 17:02 WIB Last Updated 2021-03-30T10:02:20Z

Bupati Tanah Datar, Eka Putra dalam suatu kegiatan.


Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Proposal yang diajukan pemerintah daerah melalui PDAM Tirta Alami Batusangkar tentang pembangunan Intake dan Jaringan Tranmisi Air Baku di tahun 2018 telah disetujui Balai Wilayah Sungai Sumatera V.


"Atas nama Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra mengucapkan terima kasih kepada Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V beserta tim yang telah mengalokasikan dana kegiatan pembangunan intake dan transmisi air baku di Luhak Nan Tuo ini, ”ujar Bupati Eka Putra, Senin (29/3/2021).


Bupati Tanah Datar Eka Putra melakukan peletakan batu pertama pembangunan intake dan jaringan transmisi air bersih di Simpang Kalo-Kalo Jorong Tangah Padang Nagari Tapi Selo, Kecamatan Lintau Buo Utara menandai dimulainya kegiatan penyediaan air bersih bagi masyarakat setempat. 


Kegiatan dihadiri Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V diwakili PPK PSDA Shinta Marino, Direktur PDAM Tirta Alami Batusangkar M. Nazwir, Asisten Ekobang Edi Susanto, Camat Lintau Buo Agusril, Camat Lintau Buo Utara Zulkifli Idris, Wali Nagari dan tokoh masyarakat lainnya


Bupati menyampaikan saat ini 1.122 rumah tangga terbagi di beberapa nagari, baru 6% dari jumlah masyarakat Kecamatan Lintau Buo dan Lintau Buo Utara yang mendapat pelayanan PDAM. 


Namun di tahun 2017 karena keterbatasan sumber air baku pelayanan terpaksa diberhentikan dan dengan adanya pembangunan intake tahun ini pelayanan PDAM diharapkan kembali mencakup penyediaan air bersih ke seluruh nagari di dua kecamatan tersebut.


Dikatakan lebih lanjut, anggaran pembangunannya sebesar Rp18.576.701. 000, bersumber dari DIPA Balai Wilayah Sungai Sumatera V, bangunan itu memiliki kapasitas 100 liter/detik dapat melayani maksimal 10.000 rumah tangga pemasangan baru.  


“Kami berharap Balai Wilayah Sungai Sumatera V dapat mengalokasikan kembali anggaran untuk kecamatan lainnya di Tanah Datar di tahun-tahun mendatang agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak mendapat layanan air bersih, ”ujar Bupati Eka. (farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update