Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 13 April 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
33.126 718 30.893 342
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Ketua TP-PKK Sawahlunto Ajak Anggota Tanam Bawang Merah

Kamis, 11 Maret 2021 | 20:15 WIB Last Updated 2021-03-11T13:15:40Z
Walikota Sawahlunto bersama ketua TP PKK, Ny Meivyta Deri Asta dan GM PT BA, Yulfaizon, panen bawang merah.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Ketua TP-PKK Kota Sawahlunto, Ny Meivyta Deri Asta mengajak anggota PKK Sawahlunto untuk dapat memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah atau pun di ladang/kebun dengan menanam bawang merah. 


Untuk mendukung itu, TP-PKK Kota Sawahlunto segera bergerak menjalin sinergi dan koordinasi dengan pemerintah desa/kelurahan dan Dinas Pertanian. 


"Kita berkoordinasi dengan pemerintah desa/kelurahan untuk dapat membantu menyediakan bibit dan bahan penunjang lainnya. Jadi nanti ibu - ibu PKK tinggal melakukan pengolahan lahan dan menanam bawang merah tersebut, "ujar Meivyta, Kamis (11/3/2021).


Dengan langkah ini, kata Ny. Meivyta Deri Asta akan memberikan banyak manfaat, terutama peningkatan perekonomian. Kemudian juga mengoptimalkan lahan pekarangan maupun kebun. 


Kalau untuk lahan kosong di pekarangan rumah atau di kebun itu kan masih banyak di Sawahlunto ini. Nah sebenarnya itu kan potensi, sekarang bagaimana kita bisa memanfaatkan itu, mengelolanya menjadi bernilai ekonomis, ujar Ny. Meivyta Deri Asta. 


Dia mencontohkan dan memuji KWT Wanita Maju di Dusun Polak Datar Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar yang telah berhasil menanam sampai memanen bawang merah. 


Mulai dari membuka lahan, menanam, merawat sampai sekarang kita panen, semua dilakukan sendiri oleh ibu-ibu hebat di KWT Wanita Maju ini. Menunjukkan ibu-ibu mau, turun bekerja, ulet dan gigih berusaha, maka bisa dan berhasil, lihatlah sekarang bawangnya sudah sangat subur, kita panen banyak sekali, tutur Ny. Meivyta. 


Meivyta berharap, gerakan dari KWT Wanita Maju di Desa Kubang Tangah ini memicu inspirasi dan motivasi dari kaum ibu di desa lainnya. 


Ny. Meivyta Deri Asta mengikuti panen perdana bawang merah yang ditanam KWT Wanita Maju itu bersama Walikota Sawahlunto Deri Asta. Juga hadir mendampingi yakni Ketua DPRD Sawahlunto, Ny. Eka Wahyu dan General Manager PT. Bukit Asam Pertambangan Ombilin, Yulfaizon. 


KWT Wanita Maju tersebut dalam bertani bawang itu selain dibantu oleh Pemerintah Desa Kubang Tangah dan Dinas Pertanian Kota Sawahlunto juga mendapat bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Bukit Asam. (Ris1)




×
Berita Terbaru Update