Notification

×

Iklan

Hama Wereng Menyerang, Ratusan Hektare Padi Terancam Gagal Panen

Minggu, 28 Maret 2021 | 20:07 WIB Last Updated 2021-03-28T13:07:32Z

Inilah tanaman padi yang terancam gagal panen.


Painan, Rakyatterkini.com -  Ratusan hektare tanaman padi di dua kecamatan, yakni Sutera dan Batang Kapas, Pesisir Selatan, terancam gagal panen. Penyebabnya hama wereng dan hama lainnya.


Menurut, Danil, (43) petanu di Nagari Koto Taratak, Kecamatan Sutera sudah berupaya penyemprotan dengan mengunakan pestisida. Namun tidak membuahkan hasil.


Begitu jufa Isul, (45) di Nagari Taluak Tigo Sakato, Batang Kapas juga sudah berupaya mengatasi hama wereng tersebut, tadi juga tidak  berhasil.


Kedua petani itu menerangkan hampir ratusan hektare tanaman padi terancam mati diserang hama wereng sehingga tanaman padi itu beransur menguning dan mati.


Menurutnya, tanaman padisudah berusia satu bulan mengering dan beransur layu dan mati. Ganasnya hama wereng menyerang daun dan akar tanaman padi.


Kepala Dinas Pertanian Pessel, Nuzirwan ketika dikonfirmasikan melalui telfon selulernya, meminta dikonfirmasikan ke BPPK pertanian yang ada di kecamatan masing masing. Dikatakan, tidak ada anggaran untuk membeli racun hama tersebut. 


Ketika dikonfirmasi kepada BPPK Kecamatan Sutera, Erman, tidak menjawab telpon selulernya juga pesan singkat WA. (baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update