Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bupati Tanah Datar Minta Dinas Pendidikan Tambah Jam Pelajaran Agama di Sekolah

Rabu, 31 Maret 2021 | 18:04 WIB Last Updated 2021-03-31T11:04:38Z
Bupati Tanah Datar, Eka Putra.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Bupati Tanah Datar, Eka Putra minta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk menambah jam pelajaran agama di sekolah.


Ini dikatakan saat silaturahmi dengan pengurus LKAAM Tanah Datar di rumah dinas Indo Jolito, Selasa 30 Maret 2021.


Bupati Eka Putra juga akan terus meningkatkan program tahfiz Alquran demi mewujudkan Tanah Datar kabupaten tahfizh yang akan melahirkan para penghafal Alquran dan anak-anak Tanah Datar yang cerdas dan berkarakter di samping pembelajaran adat dan mata pelajaran lainnya.


Menurut Eka itu penting di samping pembelajaran adat dan mata pelajaran lainnya yang akan mencerdaskan serta melahirkan peserta didik yang berkarakter.


Sebelum nya kunjungaan silaturahmi pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) mengusulkan Program Niniak Mamak Masuk Sekolah kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.


Bupati Eka Putra menyambut baik rencana ini dan mengusulkan untuk dapat dilaksanakan secara bertahap serta meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk dapat mengatur jadwalnya. 


“Untuk pembelajaran ini kita coba satu jam satu minggu dan dimasukkan dalam pembelajaran muatan lokal, setelah itu nanti diadakan lomba terkait pembelajaran adat ini, ”ujar Eka.


Sekretaris LKAAM Tanah Datar, Hardi Siswan Datuak Marah Banso menjelaskan dasar usulan program, karena selama ini anak kemenakan terkhusus untuk pembelajaran Budaya Alam Minangkabau (BAM) diajarkan oleh guru sekolah yang tidak berasal dari daerah di mana tempat Ia mengajar sehingga belum mencerminkan Adat Salingka Nagari.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi mengatakan program Niniak Mamak Masuk Sekolah ini sedang dalam tahap persiapan silabus, kurikulum dan di bidang kebudayaan sudah dalam bentuk kegiatan namun ini masih terbatas.


Ke depan pihaknya akan mendorong pihak sekolah untuk berkoordinasi dengan niniak mamak di nagari di mana sekolah berada untuk dijadikan narasumber. (farid)




×
Berita Terbaru Update