Notification

×

Iklan

8 Desa Selenggarakan Pilkades Serentak, Dipantau Tim dari Kemendagri

Selasa, 16 Maret 2021 | 17:16 WIB Last Updated 2021-03-16T10:16:30Z

Tim Kementerian Dalam Negeri pantau pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Sawahlunto, Selasa (16/3/2021).


Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Tim dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumatera Barat meninjau pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) 8 desa di Sawahlunto, Selasa (16/3/2021).


Penyelenggaraan Pilkades di Sawahlunto dalam masa pandemi membuat pihak penyelenggara wajib menerapkan standar protokol kesehatan.


Hasil pemantauan TPS di 8 desa yang menyelenggarakan Pilkades tersebut, semua regulasi pemilihan dan standar protokol kesehatan telah dijalankan dengan baik. 


Walikota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan, hal itu menjadi bukti sinergi dan koordinasi pemerintah selaku penyelenggara dengan partisipasi dari masyarakat selaku pemilih.


"Kita berterimakasih kepada masyarakat, para pemilih yang telah bersedia menerapkan standar protokol kesehatan dalam memilih kepala desa masing - masing di TPS. Kita penuhi demokrasi dalam memilih kepala desa sembari tetap menjaga diri, keluarga dan lingkungan dari penyebaran Covid - 19 dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Walikota Deri Asta. 


Ditambahkan Deri Asta, untuk keberhasilan melaksanakan proses pemilihan umum dengan penerapan protokol kesehatan, Sawahlunto telah memiliki pengalaman pada penyelenggaraan pemilihan gubernur (Pilgub) Provinsi Sumbar lalu. 


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumatera Barat, Syafrizal Ucok, menyampaikan pelaksanaan Pilkades Sawahlunto itu sudah memenuhi regulasi Permendagri Nomor 72 Tahun 2020. Dimana dalam Permendagri itu membunyikan Pilkades wajib menerapkan protokol kesehatan.


Sementara, tim pemantau dari Kemendagri, yaitu Satya Manggala Pragolapati dan Andi Muhammad Mahatir dalam melakukan peninjauan juga secara video conference melalui aplikasi Zoom Meeting. Dalam video conference tersebut terhubung dan ditonton langsung oleh jajaran Dirjen Pembinaan Desa Kemendagri. 


8 desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak di Sawahlunto, dilaporkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMD-PPA), Efriyanto, adalah Desa Rantih, Desa Talago Gunuang, Desa Muaro Kalaban, Desa Kolok Mudiak, Desa Sijantang Koto, Desa Talawi Mudiak, Desa  Datar Mansiang dan Desa Bukik Gadang. 


"Total Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari 8 desa itu adalah 11.674 jiwa. Kemudian untuk total TPS di 8 desa tersebut sejumlah 31 TPS," kata Efriyanto. (Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update