Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Tak Pernah Bermimpi, 'Pak Lurah' Itu Akhirnya Dilantik Jadi Bupati

Sabtu, 27 Februari 2021 | 12:30 WIB Last Updated 2021-02-27T05:31:16Z

Bupati Hamsuardi bersama Wabup Risnawanto.

RAKYATTERKINI.COM - Sosoknya yang sederhana dan merakyat. Bang Oji, atau Haji adalah sapaan akrabnya di kalangan rakyat badarai. Begitu orang kampungnya menyapa di daerah pinggiran Simpang Godang, Kecamatan Sungai Aur, Pasaman Barat atau pun di Pasaman Barat, Sumatera Barat. Dia tak pernah membayangkan dan bermimpi akan jadi bupati.


Dia adalah Haji Hamsuardi, lelaki semampai yang mudah senyum itu, kini dilantik menjadi bupati Pasaman Barat untuk lima tahun ke depan oleh Gubenur Sumbar Jumat 26 Februari 2021.


Dia memulai karir dari bawah di Lubuk Sikaping sebagi ASN. Dia juga juga pernah menjadi Lurah, Camat di Lubuk Sikaping, hingga Kepala Dispora Pasaman Barat diera pemerintahan Bupati Syahiran, meski dengan latar belakang Sarjana Agama. 


Sehingga dia di Lubuk Sikaping Akrab disapa dengan 'Pak Lurah'. Meski sudah jadi bupati dia tak marah di panggil 'Pak Lurah'. 


Di Lubuk Sikaping, sebelum Pasaman dimekarkan, dia termasuk ASN kesayangan Bupati Kolonel (Purn) Taufik Martha kala itu. 


Sedangkan di era kepemimpinan Baharuddin-Beny Utama (2000-2005), Bupati Baharuddin lah yang pertama mengangkat Sarjana Agama (SAg) menjadi Camat, meski pun menuai pro-kontra, tetapi Pak Bahar punya penilaian tersendiri terhadap Hamsuardi. Dia adalah satu-satu Camat yang berlatar Sarjana Agama kala itu.


Tetapi dengan kepiawaian dan kesederhanan Hamsuardi termasuk Camat yang sukses dan dekat dengan rakyat di Lubuk Sikaping.


"Seperti biasa sajalah, kalau sudah biasa dipanggil Pak Lurah, ya seperti itu sajalah, tidak ada yang berubah dalam diri saya, saya masih Lurah yang dulu," sebut lelaki hobi bola voli sedari muda itu kepada Rakyatterkini.com dengan tertawa lepas. Meski usianya sudah 'kepala enam' tetapi dia masih menyempatkan main voli dengan siapa saja setiap sore. Pukulan voli masih 'menukik' ke tanah.


Di kala karirnya, mentok menjadi Kepala Dispora, dia  mengadu peruntungan menjadi calon Bupati Pasbar pada 2015 lalu, tapi 'dewi fortuna' belum berpihak kepadanya. Dia kalah dengan seniornya H Syahiran. Kemudian pada Pemilihan Legislatif baru-baru ini dia juga mengadu peruntungan menjadi calon anggota DPR RI dari Partai PKS, tetapi nasib juga belum berpihak kepadanya. 


Bak kata orang bijak, tidak ada kegagalan. Yang ada adalah keberhasilan yang tertunda. Tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras. Keberhasilan akan manis diraih jika dengan kerja keras. 


Mengingat itu pula Hamsuardi tak pernah menyerah untuk maju dan berjuang dengan  kesabaran untuk Pasaman Barat tercinta.


Berkat usaha yakin sampai dan kesabaran, pada 2020 Hamsuardi juga kembali mengadu peruntungan  mencalon sebagai Bupati dengan mengandeng Risnawanto sosok yang santun sebagai wakilnya.


Proses cukup panjang dan melelahkan, memang. Tapi, kelelahan itu akan manis terasa dengan perjuangan berat. Bak kata orang bijak 'berburu akan enak jika terinjak duri'.


Akhirnya dia melabuhkan hati dikoalisi partai PKS, Partai Amanat Nasional (PAN) dan PDI-Perjuangan. 


Ketua DPP PAN Pasaman Barat H Baharuddin R yang akrab disapa dengan Inyiak Bahar menyebutnya Tiga Pilar Abadi. Dimata Inyiak  Bahar, Hamsuardi orangnya lurus dan baik.


"Hamsuardi orangnya baik dan lurus makanya saya melabuhkan hati untuk berkoalosi mengusung beliau," sebut Bahar suatu ketika.


Inyiak Bahar bersama koalisinya bertekad akan mendukung HamRis hingga masa jabatan berakhir untuk Pasaman Barat yang lebih baik.


Kini lelaki sederhana yang santun tersebut resmi dilantik dan diambil sumpahnya menjadi Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat periode 2021-2025  oleh Gubernur Sumatera Barat H Mahyeldi Ansharullah di Auditorium Gubernuran Sumbar di Padang, Jumat (26/02/2021).


Dia  memohon dukungan dan doa masyarakat Pasaman Barat agar dapat menjalankan roda pemerintahan dengan baik dan bergandengan tangan dengan semua pihak.


"Terimakasih banyak kami sampaikan kepada semua masyarakat, tokoh masyarakat, ninik mamak, alim ulama, pemuda, bundo kanduang Pasaman Barat, partai politik, maupun tokoh politik, partai pengusung PAN, PKS, PDI-P bahwa hari ini kami resmi dilantik menjadi Bupati dan wakil Bupati Pasaman Barat mohon doa dan dukungan agar kami kompak selalu untuk membangun Pasaman Barat ke arah yang lebih baik," ujar Hamsuardi-Risnawanto. 


Dia menyebut, semoga amanah yang diembankan rakyat  Pasaman Barat dapat  dijalankan dengan sebaik-baiknya. "Mohon dukungannya kepada masyarakat Pasaman Barat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab ini. Semoga kami diberi kesehatan melaksanakan amanah ini," imbuh Risnawanto. 


Seperti diketahui bahwa pasangan HamRis ditetapkan KPU Pasaman Barat beberapa waktu lalu sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat terpilih yang diusung oleh diusung oleh Partai PAN, PKS, PDI-P.


Pada 15-17 Desember 2020, pasangan Hamsuardi-Risnawanto unggul dengan perolehan suara 56.555 suara atau sebesar 31, 49 persen dari total suara sah. Jumlah itu selisih 2,3 persen dengan perolehan suara calon petahana Yulianto-Syafrial sebesar 52.490


"Mari kita bersama-sama dan bergandengan tangan untuk memajukan Pasaman Barat yang lebih baik dimasa depan," kata Hamsuardi.


Pelantikan Hamsuardi oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah pada Jumat (26/2/2021) di Gubenuran bersamaan dengan 11 pasang bupati dan wakil bupati/walikota dan wakil walikota hasil Pilkada 2020 se Sumatera Barat.


Pelantikan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol covid-19 di Auditorium Gubernuran dikawal oleh aparat kepolisian dan Satpol PP. 


Suasana pelantikan tetap meriah dan khidmat meski dibatasi karena suasana wabah Covid 19. Belum diizinkan untuk berkumpul ramai-ramai. Sementara di Pasaman Barat juga dilaksanakan siaran langsung secara virtual proses pelantikan Hamsuardi-Risnawanto. 


Begitu juga dikampung halaman Hamsuardi Simpang Godang Sungai Aur dilaksanakan nonton bareng secara virtual.


Gubernur Mahyeldi mengingatkan bahwa bahwa sumpah yang saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, tanggung jawab memelihara Pancasila dan UUD 1945, serta tanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyat.


"Sumpah disamping disaksikan oleh diri sendiri dan disaksikan oleh semua yang hadir, dan penting juga disadari sumpah disaksikan Tuhan Yang Maha Esa, karena Tuhan Maha Mendengar dan Maha Mengetahui," sebut Mahyeldi.


Ucapan selamat berdatangan kepada pasangan HamRis, baik via telepon, maupun langsung ke Padang. 


Kanal dunia maya facebook, instragram juga membanjiri ucapan selamat terhadap pasangan bupati yang sederhana dan rendah hati agar diberi kemudahan dan kesehatan memimpin Pasaman Barat lima tahun ke depan. Semoga Pak Lurah diberi kesehatan dan kearifan untuk memimpin Pasaman Barat. (junir sikumbang)




×
Berita Terbaru Update