Notification

×

Iklan

Kecelakaan Lalulintas, 23 Orang Tewas di Jalan Raya

Rabu, 16 Desember 2020 | 15:21 WIB Last Updated 2020-12-16T08:21:20Z



Pariaman, Rakyatterkini.com - Jumlah angka meninggal dunia akibat kecelakaan lalulintas, dari Januari hingga pertengahan Desember ini, berjumlah 23 orang di wilayah hukum Polres Pariaman.


Kanit Lantas Kota Pariaman, Ipda Afrizal Sahar, Rabu (16/12/2020) menuturkan pada tahun 2019 jumlah lakalantas sebanyak 160 dengan jumlah angka kematian 20 jiwa. Sedangkan tahun 2020 jumlah lakalantas sebanyak 115 dengan jumlah angka kematian sebanyak 23 jiwa.


23 jiwa itu didominasi usia produktif yakni mulai umur 17 sampai 30 tahun. Semuanya ini, akibat kurang patuhnya para pengendara terhadap aturan lalu lintas.


Padahal pihaknya selalu mengimbau kepada masyarakat agar menaati aturan lalu lintas, seperti memakai helm bagi kendaraan roda dua, memikirkan keselamatan orang lain dan dirinya sendiri.


Namun, pihaknya tidak bosan-bosannya melakukan penyuluhan kepada masyarakat dan terhadap orang tua untuk mengingatkan anaknya dalam berkendara.


Semuanya ini, tujuannya agar pengendara roda dua, dan roda empat mematahui aturan berlalulintas, dan bagi pelajar untuk dapat menaati aturan untuk wajib memakai helm, sekiranya terjadi kecelakaan ada pelindung kepalanya.


Afrizal menyebutkan, untuk penyebab kecelakaan diketahui bahwa Kota Pariaman jalannya cukup padat, kemudian juga pintu masuk dari Pemkab Padang Pariaman ke Kota Pariaman. Artinya banyak orang yang ingin melintasi daerah tersebut.


Ia mengatakan, jumlah kecelakaan itu menurun setelah Pembatasan sosial berskala Besar (PSSB), yang akan memasuki normal baru dimasa pandemi Covid-19.


Sedangkan untuk daerah yang paling rawan itu di daerah jalan Siti Mangopoh Padang Pariaman yang merupakan wilayah hukum Polres Kota Pariaman, karena di sana jalan cukup padat dan masyarakat jarang yang memakai helem. (SgR)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update