Notification

×

Iklan

Dinilai Sukses Pengamanan Pilkada, Kompolnas RI Berikan Penghargaan pada Polda Sumbar

Kamis, 17 Desember 2020 | 17:34 WIB Last Updated 2020-12-17T10:34:26Z



Padang, Rakyatterkini.com - Polda Sumatera Barat mendapatkan penghargaan dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) RI, Kamis (17/12). Penghargaan tersebut diberikan karena penilaian suksesnya Pilkada serentak di Sumatera Barat.


Piagam penghargaan diserahkan Ketua Tim Kompolnas RI, Poengky Indarti kepada Kapolda Sumbar, diwakili Wakapolda, Brigjen Pol Edi Mardianto, didampingi Irwasda Kombes Pol K. Rahmadi, MH.


“Kami sungguh bangga saat kami tiba disini (Polda Sumbar) kami melihat Pilkada serentak di Sumatera Barat telah berlangsung dengan aman dan damai. Ini adalah andil dari Polri khususnya Polda Sumbar dalam mengawal demokrasi di Sumatera Barat,” katanya usai memberikan penghargaan.


Dikatakan Poengky, Kompolnas memberikan selamat dan apresiasi kepada Polda Sumbar. Pihaknya berharap, pengawalan terhadap demokrasi ini bisa berlangsung. Jadi tidak saja pada saat Pilkada serentak ini, tapi juga pada masa-masa yang akan datang.


Tidak itu saja, piagam penghargaan terkait inovasi pengaduan masyarakat berbasis elektronik (E-Dumas) yang digagas Polda Sumbar, juga diberikan oleh Poengky. 


“Kami datang juga untuk memberikan penghargaan Polda Sumbar terkait inovasi Polda Sumbar dalam menciptakan E-Dumas. Dengan E-Dumas ini maka masyarakat yang mengalami masalah (kasus) bisa melaporkan secara cepat dan kemudian ditanggapi secara cepat oleh Polda Sumbar,” ujarnya.


Selain itu ucap Poengky, aplikasi E-Dumas tersebut bisa dipakai untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang biasa dilakukan oleh pengawas eksternal, misalnya Komnas HAM, Ombudsman dan lain sebagainya.


“Dengan demikian, penyelesaian kasus itu akan berjalan dengan cepat dan meningkatkan kepuasan masyarakat atas kinerja Polri,” pungkasnya.


Apalagi, hal tersebut juga sejalan dengan pengembangan teknologi 4.0 dan merupakan program prioritas pemerintah Indonesia. Presiden Jokowi berkali-kali mengatakan bahwa zamannya ini sudah teknologi 4.0 dan semua harus beradaptasi.


"Kami lihat Polda Sumbar sudah bisa melakukan adaptasi ini dengan sangat baik, dan wujudnya adalah bentuk E-Dumas yang ditujukan kepada masyarakat,” pungkasnya. (gp)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update