Notification

×

Iklan

Sambil Membuka Ikan Larangan, Pjs. Hanasastri Kembali Mengimbau Masyarakat Waspada Covid-19

Selasa, 03 November 2020 | 15:45 WIB Last Updated 2020-11-03T08:45:57Z


Kinali, Rakyatterkini - Sambil membuka ikan larangan di Jorong Langgam Saiyo Kampuang Aur Badidik, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Minggu (1/11/2020) lalu, Pjs. Bupati Pasaman Barat, Hansastri memberikan imbauan kepada masyarakat untuk selalu mewaspadai penyebaran virus Covid-19.


Pjs. Bupati Pasaman Barat, Hansastri didampingi Pjs. Ketua T. PKK Pasaman Barat, Ny. Lina Hansastri mengambil ikan larangan bersama anggota DPRD Pasaman Barat, Aciak Ali Nasir dan masyarakat 


Sejumlah kepala OPD yang turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Sekretaris Dewan, Maiyuslinar, Kepala Dinas Perhubungan, Rizaldi, Kepala Dinas Sosial, Yonnisal, Kepala Dinas Kominfo diwakili Kasi Peliputan, Bendri, Sekrtetaris Dinas PUPR, Riki Jaya Bakti, Kabid Perikanan Tangkap, Zulfi dan mantan Sekda Provinsi Sumatera Barat, Rusdi Lubis. Wali Nagari, Kepala Jorong, niniak mamak dan tokoh masyarakat setempat.


Pjs. Bupati Hansastri mengungkapkan, angka penyebatan Covid-19 masih saja mengalami peningkatan. Oleh sebab itu, masyarakat tetap diimbau untuk waspada.


"Kasus positof Covid-19 cwnderung tidak stabil dan kadang mengalami peningkatan. Oleh sebab iti saya mengimbau masyarakat tetap waspada," tuturnya.


Di samping itu, kegiatan mengambil ikan larangan adalah tradisi sekaligus kearifan lokal masyarakat Pasaman Barat yang harus tetao dilestarikan.


Menurutnya, beberapa manfaat dari tradisi tersebut adalah terjalinnya silaturahmi diantara masyarakat. Sebahagian besar masyarakat dalam kesehariannya disibukkan dengan kegiatan masing-masing, dengan adanya tradisi mengambil ikan larangan bersama-sama akan mempererat silaturahmi.


"Kegiatan ini dapat mempererat silaturahmi karena dalam kesehariannya, masyarakat sibuk dengan kegiatan masing-masing. Dalam mengambil ikan larangan masyarakat jadi membaur," ujar Hansastri.


Selanjutnya, kebiasaan memakan ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan dikarenakan ikan mengandung protein yang tinggi dan bebas kolesterol.


"Gemar memakan ikan sangat bagus untuk kesehatan dan memenuhi kebutuhan gizi, sebab ikan kaya protein dan bebas kolesterol," jelasnya.


Dalam rangka meneruskan perkembangan ikan larangan masyarakat Jorong Langgam Nagari Kinali Kecamatan Kinali, Pjs. Hansastri berjanji akan menyerahkan 10.000 bibit ikan kepada masyarakat setempat.


"Saya akan bantu 10.000 bibit ikan untuk kelanjutan dan pengembangan ikan larangan ini," tandas Hansastri.


Senada dangan itu,  Anggota DPRD Pasaman Barat Dapil II, Aciak Ali Nasir menyampaikan bahwa melalui kegiatan mengambil ikan larangan masyarakat bisa menjalin kekompakan.


"Terima kasih atas kehadiran Bupati Pasaman Barat yang telah hadir ditengah-tengah masyarakat Kinali. Kami selaku perwakilan rakyat akan selalu kompak dan membaur dengan masyarakat," pungkasnya. (Robi)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update