Destinasi Istano Basa Pagaruyung Kembali Ramai Dikunjungi Wisatawan -->

Destinasi Istano Basa Pagaruyung Kembali Ramai Dikunjungi Wisatawan

Rabu, 04 November 2020, 07:34
Istano Basa Pagaruyung ikon wisata Minangkabau.

Batusangkar, Rakyatterkini - Destinasi Istano Basa Pagaruyung mulai menggeliat dan ramai dikunjungi sejak kembali dibuka. Pengunjung harus mengikuti protokol kesehatan memasuki kawasan objek wisata.


Pada hari minggu dan libur, kedatangan pengunjung lebih ramai berada di destinasi yang menjadi ikon Minangkabau ini.


Dari data Disparpora Tanah Datar sepanjang Oktober 2020 pengunjung telah mencapai 14.349 orang.


Kisaran jumlah pengunjung hari biasa sebanyak 250-350 orang, sementara pada minggu dan liburan mencapai lebih dari seribu orang.


"Pada masa pandemi Covid-19 Istano Basa tetap menjadi destinasi pilihan masyarakat, tentu dengan menerapkan prorokol kesehatan pada setiap pengunjung," ucap Kabid Pariwisata Disparpora Efrison, Selasa (3/11/2020).


Ia mengatakan kalau dibandingkan dengan angka pengunjung sebelum adanya Covid-19 dalam sebulan mencapai dua ribu pengunjung perbulan.


Namun, saat ini di masa pandemi cukup signifikan angka kunjungannya setelah beberapa bulan ditutup.


Dikatakan, untuk menikmati Istano Basa pengunjung dibatasi naik hingga ke anjungan ketiga paling banyak 100 orang dengan durasi sepanjang 30 menit.


Setiap wisatawan wajib dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh petugas jaga pintu masuk, menggunakan masker dan menjaga jarak.


Mulai ramainya pengunjung ke Istano Basa tentu membuat kawasan Pagaruyung kembali hidup, baik bagi pedagang souvenir, kuliner dan jasa parkiran yang kembali meraih rezeki. (ydi)

TerPopuler