Meski Masa Pandemi, Bank Nagari Simpang Empat Tetap Berikan Layani Prima -->

Meski Masa Pandemi, Bank Nagari Simpang Empat Tetap Berikan Layani Prima

Kamis, 19 November 2020, 15:13
Hendri Masri, Pimpinan Cabang Bank Nagari Simpang Empat, Pasaman Barat.

Simpang Empat, Rakyatterkini.com - Bank Nagari beserta seluruh cabangnya di Sumatera Barat bakal beralih menjadi Bank Nagari Syariah.


"Konversi Bank Nagari menjadi Syariah itu telah ditetapkan dalam RSUPS sejak tahun 2019 lalu, sekarang dalam tahap persiapan menuju ke arah itu, doakan sukses ya," kata Pimpinan Cabang Bank Nagari Simpang Empat, Hendri Masri kepada Rakyatterkini, Kamis (19/11/2020) di Simpang Empat.


Saat ini, kata dia, sedang dilakukan proses persetujuan kepada sekitar 80.600 nasabah pada seluruh Cabang dan Capem Bank Nagari di Pasaman Barat untuk menuju Bank Nagari Syariah, serta menyiapkan dokumennya.


Menurut Hendri, dipersiapkannya Bank Nagari menuju Syariah adalah implikasi bank berbasis Islami. Yang mana sistem keuntungan atau marjin lebih jelas antara pihak bank dengan nasabah.


Dia berharap tentu dukungan penuh masyarakat Pasaman Barat, agar Bank Nagari menjadi bank berbasis syariah bisa berjalan dengan sukses. Sebab Bank Nagari kebanggaan masyarakat Minang dengan filosofi Adat Bersendikan Syarak, Syarak Bersendikan Kitabullah, yang dipegang erat masyarakat Ranah Minang.


Salurkan Kur Rp44,5 Miliar

Saat ini bank nagari juga memiliki program peningkatan ekononi masyarakat dengan program KUR (kredit usaha rakyat) dengan bunga rendah agar pengusaha kecil dan menengah kembali menggeliat, apalagi pada masa pendemi Covid-19 ini.


Menurut Hendri, setidaknya saat ini sudah ada sekitar Rp44,5 Miliar dana KUR yang  sudah disalurkan sepanjang 2020 kepada masyarakat Pasaman Barat, terutama sektor perkebunan rakyat, dan pedagang.


Bank Nagari memiliki paket KUR yakni KUR Kecil telah disalurkan sebesar Rp40,5 Miliar, KUR Mikro Rp4 Miliar.


Syarat pengurusan KUR tidaklah sulit diantaranya, e-KTP, Surat Keterangan Usaha dari walinagari atau pemerintah setempat, pelaku usaha tidak dalam kredit bermasalah.


Meski dimasa pandemi ini pelayanan  Bank Nagari tetap dilakukan secara prima dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, cuci tangan, pakai masker, jaga jarak. Sehingga penularan wabah Covid-19 bisa diputus.


Bank Nagari juga sudah memberikan  layanan  digita diantaranya Nagari Mobile dan produk digital online lainnya. Jadi transaksi tidak mesti datang ke kantor lagi. (Junir Sikumbang)

TerPopuler