Menghadapi Pilkada, Pjs. Bupati Tanah Datar Wanti-wanti ASN -->

Menghadapi Pilkada, Pjs. Bupati Tanah Datar Wanti-wanti ASN

Kamis, 12 November 2020, 07:16
Pjs. Bupati Erman Rahman menandatangani ikhrar netralitas ASN. (ist)

Batusangkar, Rakyatterkini.com - ASN di Tanah Datar diwanti-wanti menjaga dirinya dalam pelaksanaan rangkaian Pilkada yang mulai dilaksanakan, caranya dengan tetap menjaga netralitas.


Pesan dan penegasan ini disampaikan Pjs. Bupati Tanah Datar, Erman Rahman pada pers seusai apel ikrar netralitas ASN di kantor bupati Pagaruyung, Rabu (11/11/2020).


Dengan memagari diri pada netralitas, Erman Rahman menitipkan sejumlah pesan, yakni

pertama menjaga dan menegakkan prinsip netralitas ASN dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik baik sebelum, selama, maupun sesudah pelaksanaan Pilkada Serentak.


"ASN harus menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktik intimidasi dan ancaman kepada masyarakat dan tidak memihak kepada pasangan calon tertentu," katanya.


ASN juga harus menggunakan media sosial secara bijak, tidak dipergunakan untuk kepentingan pasangan calon tertentu, tidak menyebarkan ujaran kebencian serta berita bohong.


Menurutnya, yang penting ASN harus menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun.


Ia mengingatkan ASN agar ikrar yang dibacakan ini tidak hanya menjadi seremonial belaka tetapi juga dijadikan pedoman bersama menyukseskan Pilkada pada 9 Desember 2020 dengan mengedepankan netralitas ASN.


Kebanyakan pelanggaran netralitas ASN berupa memberikan dukungan di media sosial. Untuk itu, ASN harus lebih berhati-hati dalam meninggalkan jejak digital, karena dapat berpotensi melakukan pelanggara  bahkan dengan hanya menyukai like status salah satu pasangan calon.


Pada kesempatan itu, juga dilakukan penandatangan ikrar netralitas ASN dimulai dari Pjs Bupati Erman Rahman, Ketua DPRD Rony Mulyadi, Komisioner KPUD Fitri Yanti, Ketua Bawaslu Hamdan, Sekda Irwandi, staf ahli bupati, asisten, pimpinan OPD, dan camat. (ydi)

TerPopuler