Notification

×

Iklan

Yulfadri Nurdin Apresiasi Bupati Solok, Berikan Solusi pada Aktivitas Tambang Galian C Air Dingin

Kamis, 25 April 2024 | 08:05 WIB Last Updated 2024-04-25T01:05:15Z

Mantan Wabup Solok, Yulfadri Nurdin bersama awak media.

Solok, Rakyatterkini.com - Mantan Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, yang juga pengusaha tambang galian C (tambang batuan) di Air Dingin, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, mengapresiasi komitmen Bupati Solok, Epyardi Asda, yang akan mencarikan solusi terhadap permasalahan tambang Galian C di kawasan tersebut. 

Dijelaskan terdapat ratusan masyarakat setempat menggantungkan hidupnya dari usaha Galian C tersebut. Di sisi lain, ada potensi kerusakan lingkungan maupun jalan nasional. Ini menurut Yulfadri harus segera dicarikan solusinya segera.

Sebagai salah satu pengusaha tambang Galian C yang sudah beroperasi sekira 80 tahun, ia  optimistis Bupati Solok Epyardi Asda mampu menyelesaikan persoalan ini dengan baik ta
anpa merugikan siapapun, baik itu pengusaha tambang, masyarakat, maupun lingkungan. Kita berharap, persoalan ini tidak berlarut-larut. Di satu sisi, kegiatan tambang harus jalan karena masyarakat menggantungkan hidup dari situ.

Di lain sisi, masyarakat pengguna jalan juga terganggu akibat tata kelola tambang yang tidak baik. Nah, di situlah diperlukan hadirnya negara, harus duduk bersama mencari solusi dengan meminimalisasi dampak," ungkapnya. 

Yulfadri Nurdin membantah penghentian seluruh aktivitas pertambangan Galian C, juga menimpa lokasi tambang miliknya, dirinya sudah menutup kawasan tambangnya jauh-jauh hari. Saat ini, dirinya sudah mengubah lokasi tersebut menjadi kawasan wisata kuliner dengan nama Rest Area KM 82. Namun, Yulfadri mengaku sangat merasakan dampak yang akan dirasakan oleh masyarakat yang telah menggantungkan hidupnya dari aktivitas tambang Galian C selama ini.

"Kita berharap, Pemkab Solok bisa sesegera mungkin memanggil seluruh pelaku usaha tambang Galian C, kemudian mencari solusi bersama, membuat kesepakatan bersama dan dilakukan pemantauan oleh Dinas Lingkungan Hidup. Terutama bagaimana menjadikan aktivitas ini win-win solution atau saling menguntungkan, namun dampak buruknya bisa diminimalkan," harap Yulfadri Nurdin.

Selanjutnya ia menegaskan Bupati Solok dengan komitmen yang kuat diyakininya mampu memperjuangkan masyarakat yang bergantung ke aktivitas tambang Galian C. Meskipun perizinan berada di tingkat provinsi. Karena, warga yang terdampak akibat penghentian aktivitas ini adalah masyarakat Kabupaten Solok. 

"Saya yakin, Pak Epyardi akan mampu memperjuangkan masyarakat dan mencarikan solusi terhadap persoalan ini," tegas Mantan Wabup Solok 2016-2021. (dd)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update