Notification

×

Iklan

Menyongsong Masa Depan, Pelatihan Bahasa Inggris Berbasis Digital bagi Guru SMP di Agam

Kamis, 25 April 2024 | 13:30 WIB Last Updated 2024-04-25T06:30:00Z

Bupati Agam, Andri Warman, bersama civitas Fakultas Bahasa dan Seni UNJ.

Lubuk Basung, Rakyatterkini.com - Sebanyak 74 guru Bahasa Inggris dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Agam mengikuti pelatihan keterampilan Bahasa Inggris berbasis digital. 

Pelatihan ini berlangsung selama tiga hari dengan narasumber dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), di Hotel Syakura Lubuk Basung, pada Rabu (24/4/2024).

Bupati Agam, Andri Warman, menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Bahasa dan Seni UNJ, almamaternya. Baginya, kegiatan ini menjadi sarana untuk mengembangkan materi pembelajaran Bahasa Inggris berbasis digital di sekolah.

"Kami memberikan apresiasi kepada UNJ yang turut mendukung program pengembangan SDM Kabupaten Agam," katanya.

Bupati juga menegaskan kegiatan ini sesuai dengan visi pendidikan di Kabupaten Agam, yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa-siswi agar siap bersaing di tingkat internasional dengan penguasaan bahasa Inggris yang baik.

"Dengan kerjasama ini, kami berharap semakin banyak siswa-siswi Kabupaten Agam yang melanjutkan pendidikan ke UNJ," ucapnya.

Perwakilan dari UNJ, Prof. Ilza Mahyuni, menjelaskan pelatihan Bahasa Inggris ini menggunakan materi digital yang berjudul New Versi MyEnglishstep. Ada empat materi utama yang akan disampaikan selama tiga hari ke depan.

"Kami akan membahas pengembangan materi ajar Bahasa Inggris dengan orientasi kebhinekaan global, pengajaran yang berdiferensiasi dengan memanfaatkan materi digital Myenglishstep, pengajaran keterampilan mendengarkan berdasarkan kurikulum merdeka, dan keterampilan membaca berbasis kurikulum merdeka," jelasnya.

Prof. Ilza menambahkan dalam pelatihan ini, lebih banyak penekanan pada praktik daripada teori. Hal ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi para peserta.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Taslim, menjelaskan pelatihan ini merupakan bagian dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNJ di Kabupaten Agam. Ini juga merupakan salah satu program unggulan Bupati dalam meningkatkan SDM di daerah.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas SDM dan kompetensi guru, khususnya dalam bidang Bahasa Inggris, serta menerapkan kurikulum merdeka belajar dan kampus merdeka. (vn)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update