Notification

×

Iklan

Kebun Buah Kandi, Destinasi Agrowisata dan Edukasi Buah-buahan di Sawahlunto

Selasa, 30 April 2024 | 17:45 WIB Last Updated 2024-04-30T10:45:46Z

Rumah pohon di Kebun Buah Kadi Sawahlunto.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Kebun Buah Kandi merupakan Destinasi Wisata Keluarga yang tidak boleh anda lewatkan jika berkunjung bersama keluarga ke Sawahlunto, yang merupakan kota Warisan Budaya Dunia Unesco. 

Kebun Buah Kandi ini terasa sangat spesial bagi setiap pengunjung yang datang dibandingkan dengan kebun-kebun buah lainnya. 

Lokasi Agrowisata Kebun Buah Kandi ini dahulunya merupakan lahan tandus bekas galian tambang batubara milik salah satu BUMN,yakni PT Bukit Asam Tbk. 

Kondisi lahan yang tandus ini setelah diserahkan oleh PT Bukit Asam kepada Pemko Sawahlunto tahun 2012 untuk dikelola, oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Sawahlunto, disulap menjadi lahan produktif dan berdaya guna, yang bisa ditanami berbagai jenis tanaman buah - buahan, durian, jeruk, buah naga, jeruk bali, jambu, lengkeng, rambutan, mangga dan buah-buahan lainnya. 

Dalam lokasi lahan seluas, 3,1 hektare ini, DKP3 menanam sekitar 700 jenis tanaman, pada musim panen, pengunjung bisa memetik pangsung buahnya untuk dimakan di lokasi gratis, dan apabila untuk dibawa pulang dipatok dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran. 

Guna memanjakan dan kenyaman pengunjung, pihak pengelola juga menyediakan tempat istirahat berupa saung atau rangkiang dekat kolam pancing, tikar, kuliner dan karaoke. 

Yang paling mengasyikan pengunjung adalah di samping memetik sendiri buah-buahan yang ada, pengunjung juga bisa belajar cara menanam dan merawat tanaman buah-buahan. 

Dan yang paling fenomenal adalah pengunjung juga diberikan edukasi cara beternak lebah madu gal-galo yang bisa dikolaborasikan dengan tanaman buah dan bunga, memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah. (ris1)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update