Notification

×

Iklan

Kirab Taruna Akmil, Ratusan Warga Padati Jalan Raya

Senin, 05 Juni 2023 | 19:00 WIB Last Updated 2023-06-05T12:00:14Z

Warga saksikan pertunjukkan taruna Akmil, Akpol dan STPDN.

Painan, Rakyatterkini.com – Ratusan warga memadati jalan raya sepanjang Nagari Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan melihat kirab Taruna Akademi Militer (Akmil), Marcin Band Yon Tarlat I Macan Latsitardanuske XLII tahun 2023, yang terdiri Akmil, AAU, AAL, Akpol dan STPDN, Senin (5/6/2023).

Kirab tradisi pamitan ini terasa begitu meriah bersama SMP 1 dan 2 Sutera di depan kantor camat Sutera.

Kirab mengambil start dari depan kantor camat Sutera dengan berjalan kaki menyusuri lapangan sepak bola gadis basanai Surantih.

Sepanjang rute yang dilalui, ratusan warga menyambut dan menyaksikan kirab tersebut, dimeriahkan dengan Drumband Genderang Seruling Canka Lokananta (GSCL) Akmil.

Kirab ini dilangsungkan setiap tahunnya setelah selesai menempuh pendidikan. Pamitan ini digelar untuk menyapa warga Pessel dan memohon doa restu sehingga nantinya menjadi perwira bisa lancar.

Ini kirab rangkaiannya tradisi korps Taruna Tingkat XLII, dimana setiap tahun Taruna sudah ditutup pendidikannya dan akan mengikuti upacara pelantikan perwira. 

Itu pamitannya diadakan pamitan seperti ini. Jadi untuk apa, untuk menyapa masyarakat Pesisir Selatan, kata Kapolsek Iptu Andi Yanuardi kepada Rakyatterkini.com di lapangan. (baron)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update