Notification

×

Iklan

Sawahlunto dan Tanah Datar Sepakati Kerjasama Pemasaran Komoditi Pangan dan Perikanan

Jumat, 05 Mei 2023 | 14:07 WIB Last Updated 2023-05-05T07:07:58Z

Walikota Sawahlunto, Deri Asta dan Bupati Tanah Datar, Eka Putra tanda tangani kesepakatan kerjasama.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com  - Pemko Sawahlunto dan Pemkab Tanah Datar melakukan perjanjian kerjasama tentang pendampingan pengembangan budidaya dan pemasaran komoditi pangan dan perikanan.

Kerjasama itu ditandatangani oleh Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dan Bupati Tanah Datar Eka Putra, di Balaikota Sawahlunto, pada Kamis 4 Mei 2023.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan tujuan kerjasama itu yakni untuk meningkatkan kewenangan maupun program kerja, terkhusus dalam bidang pangan dan perikanan. 

Selama ini pasokan kebutuhan komoditi pertanian di Sawahlunto memang didatangkan dari daerah tetangga termasuk Tanah Datar. Sekarang kerja sama ini hadir memberikan kita keleluasaan untuk melakukan hal-hal yang lebih baik dalam mengelola komoditi pertanian antar daerah, kata Deri.

Tidak hanya pada bidang pertanian, untuk memaksimalkan potensi wisata harus ada kerjasama antara beberapa daerah terutama yang jaraknya berdekatan.

“Potensi wisata di Kota Sawahlunto cukup banyak, begitu juga Tanah Datar, namun kendala saat ini adalah akses jalan yang menghubungkan kedua daerah ini tidak mendukung atau banyak yang rusak, sehingga para wisatawan yang berkunjung ke Sawahlunto enggan ke Tanah Datar, dan begitu sebaliknya. Inilah salah satu hal yang bisa kita kerjasamakan ke depan sebagai usaha memajukan bidang pariwisata kedua daerah,” kata Wali Kota Deri.

Sementara Bupati Eka Putra mengatakan sektor pertanian adalah sektor andalan Tanah Datar di dalam menangani inflasi daerah dengan memanfaatkan potensi di sektor pertanian, yaitu peningkatan produksi dan hilirisasi bawang merah dan cabe merah membawa Tanah Datar menjadi TPID berprestasi wilayah Sumatera tahun 2021 di ajang TPID award 2022 beberapa waktu lalu. (ril/ris1)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update