Notification

×

Iklan

Pagaruyung Islamic art Festival 2023, Event Religi Terbesar di Sumbar

Kamis, 04 Mei 2023 | 20:15 WIB Last Updated 2023-05-04T13:15:23Z

Bupati Tanah Datar, Eka Putra dan rombongan disambut tari gelombang.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Pagaruyung Islamic art Festival merupakan salah satu event yang benuansa religi terbesar di Sumatera Barat.

Kegiatan itu terlaksana atas kolaborasi antara ninik mamak, alim ulama dan candiak pandai (tali tigo sapilin) yang dilandasi filosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Dengan pelaksanaan Pagaruyung Islamic art Festival, Kabupaten Tanah Datar tidak hanya akan dikenal hanya sebagai destinasi budaya, akan tetapi juga akan dikenal sebagai destinasi religi. 

Itu disampaikan Bupati Tanah Datar, Eka Putra, saat membuka Pagaruyung Islamic art festival, Kamis (4/5/2023) di halaman Istano Basa Pagaruyung. 

Pelaksanaan Pagaruyung Islamic art Festival di Istano Basa Pagaruyung merupakan salah satu perwujudan pelaksanaan filosofi ABS-SBK, apalagi Kabupaten Tanah Datar banyak memiliki sejarah tentang perkembangan Islam ini dibuktikan dengan banyaknya masjid yang sudah berusia ratusan tahun.

Pemerintah Tanah Datar komit untuk peningkatan pengamalan agama melalui program unggulan diantaranya Satu Rumah Satu Hafizh dan sampai saat ini sudah ada 13.470 hafizh/hafizah dibawah naungan 297 rumah tahfizh, diantaranya 14 rumah tahfiz binaan pemerintah daerah serta sekolah-sekolah se Tanah Datar.

Kadis Pariwisata Sumbar, diwakili Kabid Pemasaran Asril sampaikan pemerintah provinsi melalui Dinas Pariwisata akan selalu mendukung event yang dilaksanakan oleh Pemerintah Tanah Datar. 

Sebelumnya Ketua LKAAM Aresno Dt. Indomo sampaikan berkat kerjasama dari tigo tali sapilin dapat mengangkat kegiatan ivent untuk mendukung program daerah khususnya melestarikan,adat, budaya dan religi yang berdasarkan ABS-SBK dengan harapan kegiatan ini berkelanjutan setiap tahun. (farid)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update