Notification

×

Iklan

Bupati Tanah Datar Programkan Biaya Operasional Membajak Sawah Secara Gratis

Kamis, 06 April 2023 | 23:10 WIB Last Updated 2023-04-06T16:10:58Z

Pemkab Tanah Dattar adakan FGD.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Memasuki hari kedua Penilaian Tahap III Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD), dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD), Kamis (6/4/2023) di Indojolito Batusangkar. 

Kegiatan FGD diawali penyampaian dan paparan Bupati Tanah Datar Eka Putra dilanjutkan diskusi bersama tim penilai Independen Prof. Dr. Hermanto Siregar, tim penilai utama Sri Bagus Guritno bersama tim teknis dari Bappenas RI. 

Seperti penyampaian sehari sebelumnya, Bupati Eka Putra kembali memaparkan Program Biaya Operasional Membajak Sawah Secara Gratis (Bombastis) dan juga beberapa program inovasi lainnya, seperti peningkatan kualitas pelayanan publik, digitalisasi, sampai penurunan prevalensi stunting dan penanggulangan kemiskinan ekstrem.

Adapun capaian spesifik daerah, tambah Bupati Eka Putra telah dilakukan meningkatkan pendapatan petani melalui bantuan pembajakan sawah, bantuan bibit, pupuk, perbaikan irigasi, peningkatan indeks pertanaman, pendampingan dan pemasaran hasil produk pertanian. 

Diungkapkan Bupati lagi, dalam menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) ditetapkan melalui Perbup Nomor 19 Tahun 2022 disusun sudah melalui proses yang komprehensif dengan memperhatikan keterkaitan antar dokumen. 

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder, masyarakat dan pihak lainnya yang telah mendukung dan bersinergi dengan pemerintah daerah guna mewujudkan cita-cita yang tertuang dalam RPJMD Tanah Datar Tahun 2021-2026. 

Sementara tim penilai independen Prof. Hermanto Siregar menyampaikan, pelaksanaan FGD hari ini memiliki bobot nilai yang cukup tinggi yakni 40%. 

Diskusi yang dimoderatori Kepala Bappeda Litbang Alfian Jamrah, diawali dengan penyampaian perwakilan DPRD Tanah Datar disampaikan Wakil Ketua DPRD Anton Yondra. 

Sementara itu Bappeda Provinsi Sumbar diwakili Fungsional Perencana Ahli Muda Hary Febri mengatakan, untuk Tanah Datar tidak diragukan lagi dalam mengikuti PPD ini. (farid)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update