Notification

×

Iklan

Warga Dharmasraya Tumpah Ruah Saksikan Pawai Budaya

Minggu, 08 Januari 2023 | 20:56 WIB Last Updated 2023-02-28T13:59:45Z

Pawai budaya HUT Kabupaten Dharmasraya.

Dharmasraya, Rakyatterkini.com - Ribuan warga tumpah ruah di sepanjang Jalan Lintas Sumatera Pulau Punjung, untuk menyaksikan pawai budaya dalam rangka HUT ke-19 Kabupaten Dharmasraya, Ahad (8/1/2023).

Pawai budaya ini merupakan rangkaian penutup seluruh kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingati hari jadi daerah pemekaran tahun 2004 ini.

Bermula dari komplek Masjid Besar Babussalam Pulau Punjung menuju kantor bupati setempat, ratusan kelompok peserta yang terdiri dari sekolah, OPD, Kecamatan dan Nagari se Kabupaten Dharmasraya berlomba menampilkan kreasi terbaik di hadapan pengunjung.

Nagari Koto Besar, misalnya menampilkan kreasi budaya menambilkan budaya turun mandi. Lain lagi dengan Kecamatan Tiumang yang tak mau ketinggalan juga menampilkan kreasi bertema kebudayaan masyarakat setempat.

Sementara itu Dinas Komunikasi dan Informatika, menampilkan kostum songket kreasi berornamen kelapa sawit. Di belakang kostum utama, diiringi peserta dengan kostum baju kurung basiba. Semakin menarik, penampilan Diskominfo juga ditingkahi musik tradisonal Minangkabau, Tambur Tasa.

Tidak hanya Dinas Kominfo, Sekretariat Daerah, Perkimtan, Bappeda, DPMPTSP, Dinas PMD, Dinas Kumperda dan sejumlah intansi lain juga menampilkan kostum songket kreasi, yang kesemuanya menarik minat pengunjung untuk diajak berswa foto.

Sedangkan Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya, selain menampilkan kreasi kostum juga memamerkan hasil pertanian Dharmasraya, berupa buah-buahan dan sayur sayuran yang menjadi rebutan ibu-ibu untuk dibawa pulang.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerjaan nampak sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Tak lupa Ia juga menyapa para peserta yang menampilkan atraksi di depan panggung kehormatan.

Sutan Riska, saat diwawancara pasca kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh rakyat Dharmasraya atas dukungan dan partisipasinya dalam menyukseskan rangkaian kegiatan hari jadi Dharmasraya ke 19 Tahun 2023. (rona)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update