Notification

×

Iklan

Raih Laba Rp452 juta, Dinsos PMD Kuansing Apresiasi Prestasi BUMDes Bina Rakyat

Rabu, 25 Januari 2023 | 13:31 WIB Last Updated 2023-01-25T06:31:35Z

Padori, mendapatkan hadiah grandprize sepeda motor pada gebyar hadiah BUMDes Bina Rakyat, Desa Simpang Raya.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Pengurus BUMDes Bina Rakyat, Desa Simpang Raya, Kecamatan Singingi Hilir, Kuansing menggelar musyawarah pertanggungjawaban tahun buku 2022, Rabu (25/1/2023).

Dalam acara ini panitia juga mengadakan gebyar berbagai hadiah kepada pemanfaat, dihadiri Camat Singingi Hilir, Kasi Keuangan Desa Dinas Sosial PMD Kuansing, Direktur BUMDes Bina Rakyat, Kades Simpang Raya, BPD, Forum BUMDes Kuansing, beberapa Kades tetangga dan ratusan warga.

Direktur BUMDes Bina Rakyat, Purwanto mengatakan laporan pertanggungjawaban dan gebyar hadiah pada tahun buku 2022 ini merupakan suatu kegiatan wajib, dan sebagai wujud eksistensi BUMDes dalam melakukan kegiatan ekonomi desa setiap tahunnya.  

Purwanto menyebut pada pelaporan kali ini pencapaian pendapatan BUMDes Bina Rakyat dibanding tahun sebelum ada peningkatan, yang mana berdasarkan akumulasi pendapatan dari sejumlah usaha yang ada berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp452 juta. 

"Alhamdulilah, kali ini kami berhasil mencatat laba Rp452 juta. Majunya BUMDes ini berkat dukungan besar dari masyarakat. Saat ini tabungan masyarakat di unit simpan pinjam mencapai Rp13 miliar. Dana ini kami kelola untuk pengembangan usaha," jelasnya. 

Direktur BUMDes Bina Rakyat menambahkan untuk peningkatan pendapatan ke depannya selain memaksimalkan unit usaha yang ada, pihaknya juga berencana bakal membuka unit usaha baru yaitu membangun kerjasama dengan pihak ketiga dibidang kontraktor. 

Kades Simpang Raya, Amran Mangunson selaku pemerintah desa menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pengurus BUMDes Bina Rakyat atas dukungan memajukan ekonomi desa. 

Kades juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung membesarkan BUMDes.

"Dari usaha yang ada seperti, simpan pinjam, mini market, usaha pertanian, pertenakan, jasa online dan lainnya itu agar terus dimaksimalkan. Pengelola BUMDes harus espansi membuka usaha baru agar pendapatan meningkat. Alhamdulillah, dari pendapatan labanya, pemdes Simpang Raya mendapat PADes sebesar 15 persen," ujarnya. 

Sementara, Kasi Keuangan Desa Fakhrurazy mewakili Kadis Sosial PMD menyampaikan apresiasi dan selamat atas terselenggaranya acara LPJ dan gebyar hadiah yang digelar oleh pengurus BUMDes Bina Rakyat berjalan sukses. 

"Kami melihat banyak perkembangan dan prestasi yang sudah diraih, bahkan BUMDes Bina Rakyat ini meraih laba yang cukup besar. Ini dibuktikan banyaknya hadiah disediakan pada gebyar yang diadakan. Kepada pengurus BUMDes kami sampaikan agar terus maksimalkan kinerjanya," katanya. (hen)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update