Notification

×

Iklan

Narkoba, Asusila dan Kesejahteraan Masyarakat Jadi Perhatian Serius Pimpinan DPRD

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:50 WIB Last Updated 2023-01-29T10:18:33Z

Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani, bersama masyarakat Kelurahan Gurun Laweh.

Padang, Rakyatterkini.com - Pimpinan dan anggota DPRD Padang tampung aspirasi masyarakat di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Selain menampung aspirasi, reses masa sidang I 2023 itu, juga menyampaikan informasi, program dan kegiatan yang dilakukan Pemko Padang bersama DPRD.

Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani reses di Masjid Nur Aqsa, Kampung Koto, Keluruhan Gurun Laweh, Kecamatan Nanggalo, Sabtu 21 Januari 2023.

Di sana, Syafrial Kani menyebutkan kasus narkotika menjadi perhatian khusus oleh pimpinan DPRD itu. Sebab, hampir separuh Kota Padang kini sudah masuk zona merah kasus narkotika.

Selain itu, ia juga menyoroti tingginya kasus asusila yang mana menjadi korbannya anak-anak dan perempuan.

Untuk bantuan, Syafrial Kani juga telah menyalurkan dana pokir, bansos dan lainnya.

Ia juga mengimbau masyarakat, agar kembali menyemarakkan masjid. Selain untuk beribadah, masjid juga untuk musyawarah, dan menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di tengah tengah masyarakat.

Wakil Ketua DPRD, Ilham Maulana, jemput aspirasi.

Di sana, ia juga menerima aspirasi warga, salah satunya usulan pelebaran jalan, hingga bantuan pemberdayaan masyarakat melalui dana pokir.

"Insya Allah akan kita bantu Masjid Nur Aqsa Rp50 juta dan juga majelis taklim, serta Forum Anak Nagari Nanggalo," ujar Syafrial Kani.

Sementara, Ilham Maulana, wakil ketua jemput aspirasi di Subarang Padang dan kegiatannya dihadiri ratusan warga, Rabu (18/1/2023).

Dalam penyerapan aspirasi, nantinya akan direalisasikan melalui dana pokir.

Dikatakan, untuk Subarang Padang, dana pokir yang disalurkan melalui salah satunya pengadaan penerangan jalan umum sebanyak 54 lokasi.

Kemudian masyarakat mengusulkan bansos untuk modal usaha dan bansos untuk bantuan pendidikan.

Kader demokrat ini meminta kepada masyarakat, agar jangan dobel mengusulkan nama dalam bansos, maupun hibah untuk modal usaha, sebab akan berimbas pada pembatalan pengusulan nama penerima.

Untuk kegiatan fisik dana pokir Ilham Maulana telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp700 juta bagi Kelurahan Subarang Padang.

Wakil Ketua Arnedi Yarmen

Sedangkan Arnedi Yarmen, wakil ketua imbau masyarakat Lolong Belanti, Padang Utara mematuhi protokol kesehatan.

Reses tersebut dihadiri oleh ibu-ibu yang tergabung dalam majelis taklim Padang Utara.

Aspirasi yang berhasil dihimpun akan diperjuangkan melalui DPRD.

”Saya juga berharap apa yang menjadi usulan masyarakat nantinya juga dapat disampaikan dalam musrenbang tingkat kelurahan, dan kecamatan,” paparnya.

Arnedi mengaku akan selalu berjuang demi kesejahteraan masyarakat Kota Padang.

Ia juga menyampaikan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan meski sekarang Indonesia sudah memasuki masa endemi Covid-19. 

Wakil Ketua, Amril Amin.

Wakil ketua lainnya, Amril Amin serap aspirasi masyarakat di Koto Kaciak, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan.

Dikatakan, pada reses diawal tahun ini, semua anggota dewan turun kepada masyarakat untuk menerima usulan, serta masukan dari masyarakat. 

“Kita sudah masuk dua periode di legislatif, kita sudah memberikan pokok pikiran seperti pembangunan fisik maupun non fisik kepada masyarakat," ujarnya.

Dikatakan, ia juga akan mengajukan program masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), mungkin tentang air, tentang MBR atau dengan tidak MBR kita serahkan ke PDAM.

Sementara itu, Mastilizal Aye, ketua Komisi IV, serap aspirasi masyarakat di SDN 12 dan 18 Kampung Lapai, Sabtu (21/1/2023).

Dikatakan, sebagai mitra dinas pendidikan, Pemko Padang akan mengebut penuntasan pembangunan ruang kelas baru, yang telah tertuang dalam RPJMD Kota Padang.

Mastilizal Aye, jemput aspirasi warga.

Tak kurang 271 ruang kelas baru akan dibangun di berbagai SD dan SMP di Kota Padang. Ini demi mencukupkan 500 ruang kelas baru yang menjadi janji walikota dan tertuang dalam RPJMD 2019-2024.

Dengan adanya ruang kelas baru ini, pelaksanaan sekolah satu shif diharapkan dapat terwujud.

“Sekolah satu shift atau dari pagi hingga petang, juga akan membuka peluang sekolah lima hari saja dalam sepekan. Dengan begitu, waktu dua hari dirasa akan cukup, mempererat komunikasi antara orangtua dan anak, "ujar Aye.

Ia juga membuka peluang, bagi wali murid yang memang ingin mendapatkan bantuan sosial untuk tambahan modal berusaha, hingga bantuan hibah peralatan usaha mikro kecil dan menengah.

Namun tentunya setiap persyaratan dapat dipenuhi, seperti persyaratan baru yang harus dipenuhi oleh penerima bansos dan hibah, diantaranya memiliki NPWP, dan juga terdaftar usahanya di instansi pemerintah. (adv)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update