Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Luar Biasa, Dua Tahun Berturut Sawahlunto Dinobatkan Sebagai Kota Angka Kemiskinan Terendah di Indonesia

Selasa, 17 Januari 2023 | 08:04 WIB Last Updated 2023-01-17T01:04:02Z

Walikota Sawahlunto, Deri Asta.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Kota Sawahlunto, Sumatera Barat kembali dinobatkan sebagai kota dengan angka kemiskinan terendah di Indonesia untuk 2022. Kemudian disusul kota Balikpapan dan kota Tanggerang Selatan.

Sebelumnya 2021 kota Sawahlunto untuk pertama kalinya dinobatkan sebagai kota dengan angka kemiskinan terendah di Indonesia (2,38 %) menyisihkan 513 kota/kabupaten lainnya.

Untuk 2022 kota Sawahlunto berhasil menekan angka kemiskinannya menjadi 2,28 %.

"Kota Sawahlunto berhasil menekan angka kemiskinannya sebesar 0,10 % dari tahun 2021 sebesar 2,38 % menjadi 2,28 %," ujar Kepala BPS, Margo Yunowo dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (16/1/2023).

Walikota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak dan stakeholder Sawahlunto, yang berhasil mengendalikan dan menekan angka kemiskinan di kota Sawahlunto.

"Pengakuan BPS Pusat ini bukti bahwa kita sudah berada pada jalur yang benar. Ini adalah sejarah baru bagi kota Sawahlunto, dua tahun berturut menjadi kota dengan angka kemiskinan terendah di Indonesia, "ucap Deri Asta.

Penurunan angka kemiskinan merupakan salah satu fokus pemerintah kota (pemko) yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). 

Pemko Sawahlunto menekankan setiap kepala desa untuk mengalokasikan anggaran dana desa (ADD) dalam upaya menanggulangi kemiskinan.

ADD tersebut dialokasikan dalam bentuk program pemberdayaan ekonomi untuk minimal 10 kartu keluarga (KK) miskin di setiap desa. 

Program bantuan yang diberikan nantinya disesuaikan kembali dengan kemampuan penerima bantuan misal dalam bentuk bantuan ternak atau pengembangan usaha. (ris1)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update