Notification

×

Iklan

Kendalikan PMK, Sumbar Lombakan Percepatan Vaksinasi antar Dinas Peternakan

Sabtu, 28 Januari 2023 | 19:50 WIB Last Updated 2023-01-28T12:50:29Z

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, saat melakukan kick off penanggulangan PMK.

Padang, Rakyatterkini.com - Menanggulangi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), kementerian pertanian melakukan kick off pengendalian dan penanggulangan PMK Nasional 2023 secara serentak di 29 Provinsi di seluruh Indonesia, Sabtu (29/1/2023).

Kick off ini menjadi penanda bagi seluruh masyarakat khususnya peternak, pemerintah terus berkomitmen dalam penanggulangan wabah PMK. 

Mengawali 2023, Kementerian Pertanian telah menyiapkan 30 juta dosis Vaksin PMK. Sementara Provinsi Sumatera Barat mendapat kuota sebanyak 700 ribu dosis, disertai obat-obatan dan disinfektan.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan tahun lalu sapi perah sudah 100 persen divaksin, sapi potong sudah booster ke tiga.

Program perlombaan vaksinasi PMK bagi dinas-dinas Peternakan di tingkat kabupaten dan kota. Dinas peternakan dengan persentase capaian Vaksin PMK tertinggi akan dihadiahi bantuan Hewan ternak dan bantuan peternakan lainnya.

Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, Sukarli menerangkan populasi sapi di Sumatera Barat diperkirakan berjumlah 508 ribu ekor. 90 ribu diantaranya sudah seratus persen divaksin.

Adapun kabupaten sasaran vaksinasi PMK dengan populasi sapi yang tinggi, yaitu Sijunjung, Limapuluh Kota, Tanah Datar, Pesisir Selatan dan Padang. (mmc)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update