Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Tanah Datar Resmikan Pemakaian Kantor Wali Nagari Padang Laweh Malalo

Sabtu, 21 Januari 2023 | 22:58 WIB Last Updated 2023-01-21T15:58:42Z

Bupati Tanah Datar, saat peresmian kantor wali nagari.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, meresmikan pemakaian kantor wali nagari Padang Laweh Malalo, Sabtu (21/1/2023).

Selain meresmikan, bupati juga mengukuhkan pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Padang Laweh Malalo, yang dilaksanakan secara bersamaan di gedung serbaguna SMPN 2 Batipuh Selatan. 

Bupati juga apresiasi Pemerintah Nagari Padang Laweh Malalo beserta seluruh masyarakat yang telah mempersiapkan kegiatan ini sehingga berjalan sukses. 

Terkait pengukuhan pengurus KAN Nagari Padang Laweh Malalo, atas nama pemerintah daerah Bupati Eka mengucapkan selamat dan berharap kepada angku-angku, niniak mamak yang baru dikukuhkan mampu mengemban amanah dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. 

Dikatakan Eka, anggota KAN merupakan seorang panggulu yang telah dipilih oleh anak kemenakannya. "KAN itu fungsinya diibaratkan 'hari paneh tampek balinduang, hari hujan tampek bataduah, kapai tampek batanyo, kapulang bakeh babarito, kusuik nan kamanyalasaian, karuah nan kamampajaniah, tabanam nan kamanyilami, hanyuik nan kamalintehi, singkek nan kamauleh, senteang nan kamambilai.

Peran dan fungsi KAN terhadap anak kemenakannya dimanifestasikan dalam ungkapan adat 'kayu gadang di tangah padang, batangnyo tampek biasanya, kayunyo tampek baselo, daunnyo tampek balinduang'. 

Artinya, niniak mamak merupakan pemimpin yang mengayomi, membimbing, mengarahkan dan mengatur anak kemenakannya dalam segenap aspek kehidupan, terang Bupati Eka. 

Bupati mengharapkan seluruh masyarakat Nagari Padang Laweh Malalo, baik yang di ranah maupun yang di rantau dan segenap unsur yang ada di dalam nagari semakin kompak dalam melaksanakan pembangunan di nagari untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya. (farid)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update