Notification

×

Iklan

Awal 2023, Pimpinan dan Anggota DPRD Padang Ikuti Bimtek di Pekanbaru

Sabtu, 28 Januari 2023 | 14:30 WIB Last Updated 2023-01-28T14:01:30Z

Pimpinan dan anggota DPRD Padang foto bersama pada bimtek di Pekanbaru.

Padang, Rakyatterkini.com - Di awal tahun 2023, pimpinan dan anggota DPRD Padang ikuti bimtek di Pekanbaru, Riau, mulai dari Rabu-Minggu (25-29/1/2023).

Bimtek di Kota Batuah itu membahas kewenangan DPRD dalam melaksanakan pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan Kepala Daerah.

Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani, berharap bimbingan teknis tersebut diikuti secara serius, sehingga dapat meningkatkan profesionalisme dan kinerja dalam pelaksanaan tugas selaku anggota dewan.

Terselenggaranya bimbingan teknis, sebagaimana Pasal 28 tentang Peraturan Nomor 16 Tahun 2020, tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD mengikuti bimbingan teknis untuk mendalami tugas-tugas dan hak anggota DPRD setelah dilantik.

Dikatakan, bimtek merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam rangka mewujudkan anggota DPRD yang aspiratif, transparan, akuntabel dan terciptanya pelaksanaan tugas-tugas kedewanan.

Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani, pasangkan kokarde pada peserta bimtek.

Materi yang dibahas dalam bimtek, penilaian LKPj dan evaluasi kinerja akhir masa jabatan kepala daerah, pedoman penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2023, serta kolaborasi fungsi pembahasan dalam rangka peningkatan kapasitas DPRD.

Bimtek anggota dewan itu, menghadirkan narasumber dari LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Kemendagri, dan unsur praktisi.

"Kami berharap dengan Bimtek pengetahuan yang didapat mampu diaplikasikan sesuai aturan yang ada ditengah-tengah masyarakat," ucap Syafrial Kani.

Ia menambahkan pelaksanaan Bimtek dewan, agendanya telah sesuai jadwal Badan Musyarawah (Bamus) DPRD Padang.

"Semoga Bimtek kali ini menambah ilmu dan wawasan anggota DPRD Kota Padang dalam menjalankan tugas kedewanan ditengah masyarakat hendaknya."

Sekretaris DPRD Kota Padang, Hendrizal Azhar, pada pembukaan bimtek.

Sekretaris DPRD Kota Padang, Hendrizal Azhar menyampaikan, bimbingan teknis dilaksanakan merupakan hasil Badan Musyawarah (Bamus) masa sidang tahun 2022, terkait tentang agenda Bimtek DPRD Kota Padang pada masa sidang I tahun 2023.

Tujuan dan manfaat bimtek ini, agar pimpinan dan anggota DPRD mengetahui dan memahami peraturan perundang-undangan terbaru, terkait dengan tugas dan fungsi serta wewenang DPRD, ungkap Hendrizal.

Selain itu, bertujuan juga agar pimpinan dan anggota DPRD memiliki pemahaman tentang bagaimana peningkatan optimalisasi dan wewenang DPRD dalam pembahasan LKPJ akhir masa jabatan kepala daerah.

Bimtek pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang bertemakan 'Optimalisasi Peran dan Wewenang DPRD dalam Pembahasan LKPJ Akhir Masa Jabatan Kepala Daerah'.

Ibu dewan peserta bimtek.

"Kita berharap pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat pada bimtek serta ucapan terima kasih dan penghargaan semua pihak yang bekerjasama atas terlaksananya kegiatan bimtek ini," pungkas Sekwan DPRD Kota Padang.

Pada bimtek, Ketua LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Dr. Musnar Indra Daulay mengharapkan kegiatan bimtek ini dapat berjalan baik dan lancar, sehingga dapat bermanfaat dalam meningkatkan pelaksanaan tugas dan fungsi dan wewenang anggota DPRD Kota Padang.

Untuk menciptakan tata pemerintahan yang baik, sudah saatnya legislatif, mengoptimalkan perannya sebagai fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan pertanggungjawaban.

Nanti akan tercipta tata kelola pemerintahan yang baik, transparan akuntabel. (adv)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update